Senin, 24 September 2018 |
Politik

Miris, Kantor Capil Tebo Minim Fasilitas

Jumat, 20 Mei 2016 21:15:53 wib
Kondisi Fasilitas Kantor Dukcapil Tebo

JAMBIDAILY POLITIK-Miris, itulah kondisi Kantor Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Tebo yang sangat minim fasilitas sebagai kantor pelayanan publik.  Apalagi Dukcapil Tebo dua kali telah menyumbang penilaian dan penghargaan terbaik Dukcapil Kabupaten se-Indonesia.

Kondisi ini terlihat dari sempitnya ruang tunggu warga yang antri untuk mengurus berbagai kebutuhan administrasi kependudukannya.

Kepala Dinas Dukcapil Tebo, Lukman SH, kepada jambidialy.com, Jumat 20 Mei 2016, menuturkan, memang kantornya tak memiliki ruang fasilitas publik untuk masyarakat yang melakukan pengurusan administrasi kependudukan.

Meski demikian pihaknya, memanfaatkan ruangan yang ada untuk di jadikan ruang tunggu warga, karena hanya itu alternatif yang bisa diupayakan demi kelancaran proses kepentingan masyarakat dalam mengurus administrasi dikantor Capil.

Bukan hanya itu "dikatakan Lukman fasilitas untuk turun kelapangan dalam upaya jemput bola bagi masyarakat yang belum melakukan perekaman maupun yang sudah tapi belum memiliki E-KTP yang berada di daerah sulit di jangkau dan harus menggunakan kendaraan yang maksimal seperti kendaraan double gardan juga menjadi kendala.

"Dukcapil Tebo tak memiliki kendaraan yang bisa menembus daerah terpencil dengan medan tempuh yang cukup parah.  Tapi kami tetap berupaya semaksimal mungkin memberi pelayanan terbaik dengan fasilitas seadanya. Itu prioritas kami,"tambahnya.

Dari pantauan yang ada, terlihat lorong yang berada dilantai dua kantor Dukcapil Tebo berukuran 4x6 meter di jadikan ruang tunggu antrian dan tempat perekaman E-KTP bagi warga yang sedang mengurus keperluannya.

Juga terlihat kondisi arus listrik yang kerap tidak stabil dapat memicu terjadinya kornsleting pada perangkat perekaman.(jambidaily.com/ARD)

KOMENTAR DISQUS :

Top