Selasa, 11 Desember 2018 |
Hukum

Miris, Oknum PNS Diduga Turut Melakukan Aksi Pencurian Mobil di Pasar Kota Jambi

Senin, 26 November 2018 15:18:42 wib
Kapolsek Pasar Kota Jambi, AKP YUMIKA PUTRA, bersama Tiga Orang Pelaku saat ekpos media oleh Polsek Pasar Kota Jambi (Seni, 26/11/2018)/Foto: Ist

JAMBIDAILY HUKUM - Sungguh miris diduga peristiwa pencurian yang terjadi di Depan Toko Lima Jalan Samratulangi, Pasar kota Jambi (Minggu, 04/11/2018 sekira pukul 12.00 wib) satu diantara tiga orang pelakunya adalah oknum Pegawai Negeri Sipil (PNS) di salah satu instansi.

Informasi itu didapat dari gelar perkara oleh Kepolisian Republik Indonesia Resort Kota Jambi Sektor (Polsek) Pasar, kepada media (Senin, 26/11/2018) bahwa berdasarkan LP/B/ 193/XI/2018/SPK II, Tanggal 04 Nopember 2018 dari laporan Korban Iwan Bin Jahari (28), pada hari (Jum'at, 16/11/2018) sekira Pukul: 13.00 wib, unit reskrim polsek pasar telah melakukan ungkap kasus Perkara. Pencurian dengan pemberatan Roda empat (R4) sebagaimana dimaksud dalam rumusan pasal 363 ayat 1 ke4 dan 5 KUHPidana dan telah mengamankan 3 (tiga) orang Pelaku laki-laki.

Tersangka M (41), DS (21) dan Oknum PNS HL (35) melancarkan aksinya dengan cara membuat duplikat kunci mobil milik korbannya yaitu Iwan. Iwan memarkirkan mobilnya di depan tempat kejadian perkara (TKP), kemudian pelapor dan keluarga pergi makan ke rumah makan yang tidak jauh dari tempat memarkirkan mobil setelah selesai makan saat Iwan hendak pulang, Iwan telah melihat mobil miliknya sudah tidak ada lagi.

Awal mula penangkapan, Unit reskrim polsek pasar mendapat informasi dari media sosial Facebook (FB) bahwa ada yang menjual velg mobil yang identik dengan velg yang terdapat pada mobil yang telah hilang dicuri. Kemudian unit reskrim polsek pasar mengcapture  foto velg mobil tersebut serta menunjukkan kepada pelapor dan pelapor mengenali velg yang akan dijual. Selanjutnya unit reskrim polsek pasar langsung melakukan undercover dengan cara berpura-pura menjadi pembeli dan diketahui dari pemilik akun FB HM (inisial) bahwa velg merupakan milik DS (kakak kandung pemilik akun FB) yang mana DS Menyuruh pemilik akun menjual velg. Pada akhirnya dilakukan penangkapan terhadap DS.

Dari hasil Interogasi Polsek Pasar kota Jambi, bahwa pelaku DS Mengakui bahwa pelaku melakukan pencurian bersama dengan HL dan mobil masih dikuasai oleh DS. Lalu dilakukan penangkapan terhadap HL hingga diketahui bahwa proses pencurian tersebut dilakukan HL bersama DS, dengan menggunakan kunci mobil yang telah diduplikat. Adapun yang membantu menduplikat adalah pelaku M (paman korban), selain itu pelaku M juga berperan sebagai orang yang memberi petunjuk keberadaan mobil milik korban yang terparkir di depan TKP. Selanjutnya dilakukan penangkapan terhadap M serta mengamankan barang bukti yang terkait dengan tindak pidana.

Barang Bukti berupa 1 (satu) unit mobil toyota avanza warna silver dengan nopol: B 8119 X, 4 (empat) buah velg warna silver merk milano, 1 (satu) unit mobil toyota avanza warna silver dengan nopol: BH 1931 HK (sarana).

 

(Hendry Noesae)

KOMENTAR DISQUS :

Top