Senin, 22 April 2019 |
Nasional

Momen HPN 2019, Kado 300 Jamban Diserahkan Kepada Warga Surabaya

Jumat, 08 Februari 2019 07:43:29 wib
JAMBIDAILY SURABAYA - Kado Hari Pers Nasional 2019 berupa bantuan pembangunan 300 jamban oleh Pembaca Harian Kompas melalui Yayasan Dana Kemanusiaan Kompas (DKK) diserahkan kepada warga kota Surabaya secara simbolis.

Penyerahan jamban sebanyak itu dilakukan hari Kamis (7/2) oleh Direktur DKK Rusdi Amral kepada sejumlah warga yang sudah mulai dibangunkan jamban di rumah warga, di Kelurahan Sumber Rejo, Kecamatan Pakal, Kota Surabaya.

Penyerahan itu disaksikan Ketua Umum Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat Atal S Depari, dan Camat Pakal Tranggono, serta didampingi Kepala Dinas Sosial Kota Surabaya Drs Supomo, lurah setempat, dan para anggota musyawarah pimpinan kecamatan Pakal.

Rusdi Amral yang juga Direktur Komunikasi Kompas Gramedia menjelaskan, jamban yang disumbangkan kepada warga sebagai tanda rasa cinta pembaca Kompas kepada warga Surabaya. Jamban dibuat secara bertahap dengan biaya Rp 1 miliar.

Dana tersebut bantuan pembaca Kompas yang dikelola DKK, dan diserahkan kepada warga dalam momentum HPN 2019 di Jawa Timur.

Camat Pakal Tranggono menyambut baik bantuan jamban dari DKK, sehingga dapat membantu perbaikan lingkungan, dan kesehatan warga. “Kami berterima dibantu membuat jamban sebanyak itu,” kata Tranggono.

Lebih lanjut Tranggono dalam sambutannya menjelaskan, wilayahnya yang berada di perbatasan langsung dengan Gresik itu sering banjir.

Ketua Umum PWI Pusat Atal S Depari dalam sambutannya meminta warga merawat dengan baik jamban bantuan DKK. Ini adalah kenang-kenangan dari Dana Kemanusiaan Kompas dalam acara HPN di Jawa Timur.

Atal menjelaskan, pemberian bantuan jamban itu adalah salah satu dari rangkaian bakti sosial yang dikoordinasikan oleh panitia HPN. Bakti sosial lainnya berupa bantuan pemeriksaan kesehatan gratis di Kecamatan Puger, Kabupaten Jember, di Kabupaten Jombang, dan Bangkalan. Selain bantuan pemeriksaan kesehatan juga pemberian bantuan bahan pangan pokok di halaman Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur, serta bedah rumah.

*Sabang Sampai Merauke* Sementara itu Rusdi secara singkat menjelaskan DKK sejak awal tahun 1980-an telah menyalurkan bantuan kemanusiaan dari Sabang sampai Merauke. Bantuan yang diberikan berupa bantuan tanggap darurat dan rehabilitasi bangunan saat terjadi bencana alam, bantuan pendidikan, dan kemiskinan akut.

*Bantuan Pangan* Pada Hari Jumat (8/2) pagi ini di Kantor Dinas Sosial Pemprov Jawa Timur, pihak Dinsos bekerjasama dengan Panitia HPN dan Artha Graha Peduli akan memberitakan bantuan pangan untuk penghuni panti dan warga tidak mampu.**

(Rilis)

KOMENTAR DISQUS :

Top