Minggu, 18 Agustus 2019 |
Kesehatan & Olahraga

Mr P Bisa Diamputasi Jika Terkena Jenis Kanker Ini

Sabtu, 02 Februari 2019 05:34:14 wib
Amputasi penis bisa saja dilakukan bila kanker berisiko menyebar (Foto: iStock)

JAMBIDAILY INTIM, Kesehatan - Ada satu jenis kanker yang mungkin jarang terdengar, tetapi beneran ada dan sangat ditakuti pria. Bagaimana tidak, Mr P bisa sampai diamputasi karenanya.

Dilihat dari jumlah kasusnya, kanker penis memang tak sebanyak kanker paru. Tetapi jenis kanker ini juga bisa menyebar bila tidak tertangani dengan baik, antara lain hingga mencapai kelenjar getah bening.

Agar tak menyebar, dokter bisa memberikan obat kemoterapi maupun terapi dengan laser. Tujuannya untuk mengikis lapisan tumornya. Ini bisa dilakukan bila lapisan kanker hanya sedalam 2-3 milimeter di permukaan Mr P, yang artinya masih tahap awal.

"Kalau untuk tahap lanjut, lebih besar kemungkinan untuk diamputasi seluruhnya atau amputasi sebagian," jelas dr Richard Quek, konsultan senior Medical Oncology Parkway Cancer Center.

Lebih lanjut, dr Akbari Wahyudi Kusumah, SpU dari RS Mayapada menjelaskan bahwa sebelum diamputasi maka harus dipastikan dulu bahwa memang ada sel kanker. Caranya adalah dengan biopsi atau pengambilan jaringan untuk diperiksa.

Apabila dipastikan ada kanker, maka Mr P harus dipotong. Biasanya sebagian, sekitar 2 centimeter dari jaringan sehat agar sel kanker tidak menyebar lebih luas.

"Kadang-kadang yang lukanya gede, seluruh penisnya kita potong. Itu jarang banget memang kasusnya, namun saya pernah tangani sih tapi lupa persisnya kapan saking sudah lamanya dan memang jarang banget kasusnya di Indonesia," tutur dr Akbari.


(up/up)/health.detik.com

KOMENTAR DISQUS :

Top