Jumat, 20 Juli 2018 |
Ekonomi

Mulai Dari Nol, Bersihkan Diri Dari Utang Setelah Lebaran Dengan 3 Cara Ini

Sabtu, 16 Juni 2018 07:24:17 wib
Ilustrasi/Foto: copyright pexels.com

JAMBIDAILY KEUANGAN, Ekonomi - Ladies, rezeki manusia memang sudah ada yang mengatur. Ada kalanya kondisi keuangan keluarga atau pun bisnis sedang di atas, tetapi juga tak menutup kemungkinan roda berputar di bawah hingga kita terpaksa harus tambal-sulam berutang untuk menutup kebutuhan sehari-hari.

Namun tak jarang kasus utang terjadi bukan karena musibah, melainkan karena ketidakmampuan seseorang mengelola keuangannya dan terjebak dalam gaya hidup yang tak sesuai dengan kemampuannya.

Di momen Lebaran sebentar lagi, yuk kita mulai dari nol. Bersihkan hati, bersihkan utang. Bebaskan diri dari jeratan utang dengan beberapa tips berikut ini.

1. Kurangi jajan atau makan di luar
Kebiasaan jajan atau makan di luar adalah pengeluaran kecil yang seringkali tidak terasa. Namun jika ditotal, bisa jadi faktor inilah yang membuat kamu selalu kehabisan uang sebelum gajian tiba.

Bawalah bekal sendiri dari rumah untuk makan siang atau belajar memasak. Dengan cara ini pengeluaran bisa ditekan secara bertahap. Bijaklah menentukan kapan saat makan di luar dan kapan mencukupkan semuanya di rumah.

2. Jangan terpengaruh social media
Social media menawarkan begitu banyak informasi yang menggoda, misalnya skincare dan make up terbaru, tren fashion paling hits saat ini atau makanan kekinian yang bikin lapar mata.

Tahan diri dan beranilah bilang 'tidak' pada dirimu sendiri, Ladies. Semakin sering kamu mengecek social media, kamu akan ketagihan. Uang yang kamu miliki juga akan semakin mudah dihabiskan untuk barang-barang yang kamu inginkan, bukan yang dibutuhkan. Social media juga akan membuatmu membandingkan kehidupanmu dengan orang-orang lain di luar sana, sehingga kamu akan semakin konsumtif mengikuti gaya mereka.

3. Mencari sumber pendapatan lain
Jika pekerjaanmu saat ini dirasa kurang cukup, carilah sumber pendapatan lain. Dengan adanya internet, pekerjaan lebih mudah dijangkau saat ini. Kamu bisa berjualan online atau menjadi freelancer. Siapa tahu sumber pendapatan lain ini tak hanya bisa mencukupi kebutuhan keluarga, melainkan juga menjadi sumber tabungan yang lumayan hasilnya?

Nah itu dia tiga tips yang bisa kamu terapkan agar setelah momen Lebaran ini, kamu terbebas dari lilitan hutang. Semoga tips ini menginspirasi ya!


(vem/wnd)/vemale.com

KOMENTAR DISQUS :

Top