Kamis, 23 November 2017 |
Peristiwa

Nenek 120 Tahun, "Wanita Hebat" Dari Desa Durian Rambun

Senin, 30 Januari 2017 08:10:04 wib
Bupati MeranginH Al Haris bertemu Nenek Soimah (120)

JAMBIDAILY PERISTIWA-Nenek Soimah yang kini berumur 120 tahun layak disematkan sebagai "wanita hebat" dari Durian Rambun  Kecamatan Muara Siau Kabupaten Merangin.

Meski lahir dan berdiam di desanya hingga usia senja, yang tentu dengan keterbatasan akses kesehatan, Nenek Soimah dapat menjaga kebugaran tubuhnya dengan baik.

"Saat diajak bicara nenek tersebut sangat nyambung dan tidak terlihat gejala pikun. Bicaranya maupun pendengarannya sangat normal, seperti layaknya orang usia muda. Ini artinya kesehatan nenek tersebut sangat luar biasa,"ungkap kagum Bupati Merangin H Al Haris saat bertemu Nenek Soimah dalam Program Perjalanan Pejabat Tidur di Dusun (Pertisun), di Desa Durian Rambun Kecamatan Muara Siau, Sabtu (28/01/2017).

Bahkan, saat diajak berjalan nenek yang waktu mudahnya berparas cantik itu, juga tidak mengenakan tongkat, namum memang tubuhnya sedikit terbungkuk.

‘’Tempo hari kita nomor dua setelah Kerinci angka bertahan hidup, jika kita tahu nenek ini kita ikutkan bisa nomor satu,’’terang Bupati.

Sebelumnya pada Jumat (27/01/2017) sekitar pukul 21.55 Wib, menampung berbagai aspirasi warga di Balai Adat Desa Durian Rambun, dihadiri ratusan warga akan melengkapi Sarana kesehatan pada Puskesmas Pembantu (Pustu) yang siap melayani warga. Pustu itu tinggal menambah berbagai sarana penunjang untuk lebih mengoktimalkan pelayanan prima kepada masyarakat, jelas Bupati.

Pada dialog itu, dari 17 orang kepala desa se-Kecamatan Muara Siau, sebanyak 12 orang kepala desa yang  hadir, juga mengharapkan akses jalan di desanya masing-masing. Meskipun jalan-jalan itu sudah dalam tahap pengerasan, para kepala desa menginginkan jalannya diaspal.

‘’Jadi untuk jalan ini yang penting sudah aman dilewati, kalau semua kepala desa jalannya minta diaspal, bagaimana dengan kecamatan lainnya. Jadi nanti akan kita aspal secara bertahap, yang penting semua kebutuhan warga bisa terpenuhi,’’jelas Bupati.

Untuk penerangan terang Bupati sudah aman, ada Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) yang sangat cukup menerangi rumah warga. Sarana pendidikan juga sangat memadai dengan kondisi ruang belajar yang cukup dan layak.

Sekolah tersebut lanjut bupati, hanya tinggal menambah guru Pegawai Negeri Sipil (PNS), karena guru PNS hanya satu orang merangkap kepala sekolah. Tapi sekolah dasar yang memiliki murid 30 anak itu, memiliki guru kontrak empat orang dan guru komite dua orang.

Perekonomian masyarakat juga cukup bagus, pasca naiknya harga karet. Berbagai permasalahan yang dihadapi desa, ke depannya setiap desa telah memiliki programnya masing-masing bisa diwujudkan dengan dana anggaran desa.

‘’Untuk satu desa rata-rata punya anggaran Rp 800 juta, belum termasuk ADD,’’terang Bupati.

Pada kesempatan itu bupati berpesan kepada warga Desa Durian Rambun agar dapat menjaga hutannya dengan baik. Jangan sampai hutan yang masih alami dirambah pihak-pihak luar. Untuk menjaga hutan desa itu, warga telah punya tim patrol hutan desa.(*)

Penulis    : Teguh (HMS)
Editor     :  Hery FR

 

KOMENTAR DISQUS :

Top