Sabtu, 20 Oktober 2018 |
Politik

Neta: Dharma Wanita Dukung Anggotanya Menjadi Pelaku Politik

Kamis, 04 Oktober 2018 20:37:11 wib

JAMBIDAILY JAKARTA - Ketua Dharma Wanita Provinsi Jambi Hj.Neta Aryani Dianto menyatakan dukungannya kepada anggota Dharma Wanita yang ingin menjadi pelaku politik. Dukungan ini dipastikan sesuai dengan aturan yang tercantum dalam AD/ART  organisasi Dharma Wanita. Pernyataan ini disampaikan pada Seminar Nasional Dharma Wanita Persatuan Tahun 2018 yang diselenggarakan oleh pengurus Dharma Wanita Persatuan Pusat yang mengambil tema Perempuan Berkualitas Pelaku Politik Pembangunan yang Cerdas, Kamis (4/10).Kegiatan dilaksanakan  s.d 5 Oktober bertempat di Puri Agung Grand Sahid Jaya, Jakarta Selatan.

Acara ini dihadiri langsung oleh Ketua Umum Dharma Wanita Persatuan Pusat Wien Ritola Tasmaya dan hadir sebagai narasumber diantaranya dari Kementrian Dalam Negeri  Dr. Soni Sumarsono MDM, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Prof. DR. Yohana Susana Yembise, Dip.Apling, MA.

Dharma wanita persatuan sebagai organisasi kemasyarakatan yang menghimpun dan membina istri pegawai aparatur sipil negara atau ASN Republik Indonesia dalam sejarahnya telah berkiprah dalam pembangunan bangsa ,senantiasa bertekad untuk meningkatkan kualitas sumber daya anggotanya. 

"Dari seminar yang kita ikuti pada hari ini  perempuan diminta untuk semakin  cerdas pertama dalam era seperti sekarang ini dimana telah banyak perempuan yang menjadi pelaku politik, bahwa kita sudah banyak berpolitik dan semua itu harus sesuai dengan kaidah yang ada di ADART Dharma Wanita Persatuan. Jadi Dharma Wanita Persatuan tidak membatasi wanita untuk berpolitik namun dari institusi  ada aturannya, tetapi sebagai individu secara personal dipersilakan dan sangat didukung  untuk bisa lebih maju lagi" ungkap Ketua.

Neta Aryani juga menjelaskan bahwa DWP Provinsi Jambi telah melaksanakan program untuk meningkatkan wawasan anggotanya dalam berpolitik. 

"Program yang dicanangkan dalam rangka persiapan untuk meningkatkan kemampuan dan peranan wanita dalam berpolitik kita sudah melaksanakan workshop seperti yang telah kita lakukan sebelum kita ikut seminar hari ini dan setiap bulannya dalam setiap acara arisan rutin kita selalu mengisi dengan kegiatan yang bisa menambah wawasan dari anggotanya" ujarnya.

Sementara itu Ketua Umum Dharma wanita persatuan Pusat Wien Ritola Tasmaya menyatakan bahwa sebagaimana dituangkan dalam Renstra DWP yang dihasilkan oleh Munas DWP 2014 ada 2 tujuan akhir DWP pada tahun 2019 yaitu menjadi Center of Excellent maka sangatlah penting untuk senantiasa memberikan Wahana edukasi dan pengetahuan dan upaya mencari tujuan meningkatkan kapasitas sebagai perempuan yang berkualitas dan bergerak secara aktif pada peran publik dalam berpolitik secara cerdas untuk membangun bangsa.

"Sebagai salah satu upaya untuk mencapai tujuan tersebut maka Dharma Wanita Pusat menyelenggarakan seminar nasional sebagai salah satu kegiatan tahunan. Adapun seminar nasional DWP tahun 2018 mengambil tema Perempuan Berkualitas Pelaku Politik Pembangunan yang Cerdas maka sesuai dengan tema di atas yang dimaksud dengan politik pembangunan yaitu sebuah upaya, langkah strategi yang dilaksanakan oleh suatu bangsa guna mewujudkan cita-cita yang ingin diraih nya, sesuai dengan nilai nilai idealisme, nasionalisme dan patriotisme yang dikandungnya. Seminar nasional sebagai salah satu kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh Dharma wanita persatuan pusat merupakan salah satu upaya mencapai tujuan tersebut dengan meningkatkan kualitas dan wawasan kaum perempuan khususnya para anggota dan pengurus DWP di pusat maupun DWP di daerah tingkat provinsi/ kabupaten/ kota maka kinerja para anggota dan pengurus DWP pada semua tingkatkan diharapkan mampu bersaing energi untuk bersama-sama mencapai tujuan secara nasional," Ujar Wien Ritola. (Maria/Foto:Agus Supriyanto,Kamerawan:Latif/Humas Pemprov Jambi)

KOMENTAR DISQUS :

Top