Kamis, 19 Juli 2018 |

Nilai Memuaskan, Wagub Jambi Raih Gelar Doktor dari Unpad

Selasa, 26 Mei 2015 06:55:55 wib
toga doktor (google.co.id)

JAMBIDAILY IPTEK-Ditengah kesibukanya sebagai Wakil Gubernur Jambi, tak membuat semangat belajar H Fachrori Umar surut.  Setelah berhasil mempertahankan ujian desertasinya dan mendapat nilai memuaskan, Wagub Jambi H Fachrori Umar mendapat gelar doktor Ilmu Pemerintahan dari Universitas Padjajaran (Unpad).

Dengan tesis "Hubungan Antara Pemerintah Provinsi dengan Pemerintah Kabupaten/Kota Dalam Pelaksanaan Program SAMISAKE (Satu Milyar Satu Kecamatan) Pada tahun 2012-2014," itu, H Fachrori mampu mempertahankannya dihadapan sidang promosi Doktor yang dipimpin langsung oleh Prof. Dr, Hj. Sutyastie. M.s, Senin (25/05) yang diselenggarakan di ruang sidang promosi Doktor Universitas Padjadjaran.

Semua pertanyaan yang diberikan oleh Tim Promotor dan Tim Opnen Ahli dapat dijawab dengan lancar Oleh Wagub, Tim Promotor yaitu Prof. Dr. Drs. H. Dede Mariana, M. Si, Prof. Dr. Drs. H. Utang Suwaryo, MA dan prof. Dr. Drs. Samugyo Ibnu Redjo, MA. Serta Tim Openi Ahli Dr. Arry Bainus, MA, Dra. Mudiyati Rahmtunissia, M.A, Ph.D dan Dr. Drs. Rahman Mulyawan, M.Si, dan Representasi Guru Besar Prof. Dr. Nasrullah Nazsir, M.S

Dalam Pemaparan singkatnya, dihadapan sidang tersebut, H Fachrori menyampaikan,  konsekuensi otonomi daerah adalah munculnya persoalan seputar relasi peran antara Gubernur (Pemerintah Provinsi) dengan Bupati/walikota (Pemerintah Kabupaten).

Peran dan fugsi Gubernur sebagai perwakilan pemerintah pusat selama ini dinilai masih lemah, terutama dalam melakukan koordinasi dan kontrol terhadap Bupati/walikota.

"Provinsi Jambi mencanangkan program SAMISAKE dengan harapan melalui program samisake dapat membantu masyarakat miskin di seluruh Provinsi Jambi,"jelas H Fahrori.

Dalam wawancaranya, Wagub mengucapkan terima kasih Kepada Gubernur Jambi HBA yang telah mendorong dan memberi izin belajar selama ini, serta menyampaikan pesan pada generasi muda jambi untuk belajar terus hingga ke jenjang yang lebih tinggi.

"Saya ucapkan terima kasih kepada Gubernur HBA yang telah mendorong dan memberi izin saya belajar melanjutkan kuliah dan saya himbau generasi muda jambi untuk senantiasa belajar dan terus belajar dan terus melanjutkan pendidikan sampai tingkat yang lebih tinggi,"tuturnya.

Dengan nilai sangat memuaskan, terhitung Hari ini Senin 25 Mei 2015 H. Fachrori Umar berhak menyandang Gelar Doktor, yaitu Dr. Drs. H. Fachrori Umar, M. Hum.

Turut serta pada Kesempatan Ini Keluarga Besar H, Fachrori Umar, Staf Ahli Gubernur Bidang Ekonomi Pembangunan, Fauzi Syam, Kepala Bappeda Provinsi Jambi Fauzi Ansori berserta Beberapa Orang  Kabid dari Bappeda, serta dari Universitas Jambi Syamsurizal Tan, Mantan Rektor Universitas Jambi Kemas Arsad Somad,dan Para undangan Lainnya.


========ata Singkat Pendidikan H Fachrori Umar=======


Nama               : Dr Drs H Fachrori Umar M Hum
Jabatan            : Wakil Gubernur Jambi (2010 -2015)
Lahir                 : Bebeko, 23 November 1952

Pendidikan     :

          - Menamatkan SD (1965)
          - MTI 7 tahun, Canduang Bukit Tinggi (1971)
          - IAIN Imam Bonjol (1974)
          - Sarjana Muda IAIN Syarif Hidayatullah Jakarta
          - S1 IAIN Syarif Hidayatullah Jakarta (1979)
          - S2 Pasca Sarjana Universitas Jayabaya
          - S3 Ilmu Pemerintahan Unpad (2015).

 

(jambidaily.com/HMS/SAP)

KOMENTAR DISQUS :

Top