Senin, 20 Agustus 2018 |
Kesehatan & Olahraga

Orang Hipertensi Harus Rajin Olahraga, Ini Alasannya

Minggu, 15 Juli 2018 06:48:15 wib
Manfaat olahraga/copyright Shutterstock.com

JAMBIDAILY OLAHRAGA - Banyak orang mengira bahwa penderita hipertensi sebaiknya tidak olahraga karena bisa semakin menaikkan tekanan darah dan detak jantung sehingga bahaya untuk kesehatannya. Tapi tahukah kamu bahwa olahraga justru menjadi hal yang dibutuhkan penderita tekanan darah tinggi.

Dilansir dari Health XChange Singapore, olahraga punya kemampuan seperti obat dalam hal menurunkan tekanan darah. Melakukan aktivitas fisik yang tepat namun sederhana selama 30 menit setiap hari dapat menurunkan tekanan darah 5-10mmHg.

Fisioterapi dari LIFE Center, Singapore General Hospital (SGH), Png Eng Keat, mengatakan bahwa efek ini sama seperti minum beberapa obat hipertensi. Pembuluh darah akan terbuka lebih lebar ketika olahraga sehingga aliran darah lancar.

Tekanan darah tinggi atau hipertensi dipengaruhi oleh resistensi pembuluh darah perifer atau pembuluh-pembuluh darah di luar jantung, sehingga Semakin tinggi resistensi perifer, semakin tinggi pula tekanan darahnya.

Uniknya, dengan rajin olahraga, efek jangka panjang yang positif justru akan dirasakan penderita hipertensi yaitu dengan berkurangnya resistensi pembuluh darah perifer melalui efek hormonal dan adaptasi struktural.

Olahraga juga membantu seseorang mempertahankan berat badan ideal sehingga ikut membantu mengendalikan tekanan darah. Karena umumnya semakin besar BMI semakin berisiko tinggi mengalami kenaikan tekanan darah.

Jadi, jika kamu punya risiko tinggi hipertensi, akan lebih baik jika mulai olahraga ringan dan santai untuk menurunkan tekanan darah ya ladies.

Sumber: Liputan6.com


(vem/feb)/vemale.com

KOMENTAR DISQUS :

Top