Selasa, 15 Oktober 2019 |
Wisata & Budaya

'Orangan Sawah Nganggur' Akibat Lahan Menyempit, Teater Tonggak Hadirkan Kakitau

Selasa, 30 Juli 2019 07:46:14 wib

JAMBIDAILY SENI, Budaya - Teater Tonggak Jambi, akan menjadi komunitas Tuan Rumah bersama Teater AiR dalam perhelatan Temu Teater Se-Sumatera pada 2-4 Agustus 2019 di Gedung Teater Arena, Taman Budaya Jambi (TBJ).

Teater Tonggak, dari penjelasan Didin Siroz, selaku pemilik karya sekaligus Sutradara, menerangkan bahwa materi yang dihadirkan berjudul 'kakitau' melibatkan 21 orang pelaku panggung, dan pemusik.

"Kakitau adalah sebutan lain untuk orang-orangan sawah yang biasanya digunakan oleh masyarakat kabupaten bungo provinsi Jambi," Jelasnya, Sabtu (27/07/2019)malam. 

Lebih lanjut secara singkat kakitau menggambarkan Ketika lahan sawah masih luas kerja kakitau sangat banyak. Ia bekerja siang dan malam untuk menjaga padi di sawah, ia bekerja dengan cara menakut-nakutin burung yang akan hinggap di tangkai-tangkai padi. Tetapi ketika sawah mulai menyempit, maka tugas kakitau tinggal sedikit. Karena burung-burung pun pergi entah kemana mencari sumber-sumber makanan. 

"Ketika lahan sawah sudah tiada, karena habis oleh gedung-gedung pencakar langit, maka kakitau tidak berguna lagi, ia jadi sampah yang berserak," Pungkas Didin Siroz.

Tentunya akan memberikan pengalaman dan pengetahuan bagi penonton, terkait kegundahan dan gugatan Teater Tonggak Jambi, di Panggung Temu Teater Se-Sumatera, untuk waktu/jam pergelaran akan diinformasikan berikutnya.

 

(Hendry Noesae)

 

 

Berita Terkait:

KOMENTAR DISQUS :

Top