Senin, 30 Maret 2020 |
Ekonomi

Otoritas SMK KAL-1 Gelontorkan Dana ke Anak Yatim

Jumat, 28 Februari 2020 13:53:24 wib
JAMBIDAILY.COM, SURABAYA - Untuk mengimplementasikan peraturan Menteri Pendidikan RI N0. 13 tahun 2007 tentang Standart Kepala Sekolah / Madrasah , seorang kepala Sekolah harus memiliki lima dimensi kompetinsi diantaranya demensi sosial , Seorang Kepala Sekolah dituntut salah satunya memiliki kepekaan sosial terhadap orang/ kelompok lain . Pagi ini Juma’at (28/02/2020) bertempat di Ruang Praktek Siswa (RPS) Sekolah Menengah Kejuruan Khusus Angkatan Laut SMK KAL-1 Surabaya , Kepala Sekolah Letkol Laut (KH) Drs Ambar Kristiyanto, M.Si memberikan sejumlah dana kepada beberapa siswa anak yatim yang sedang menempuh pembelajaran di sekolahnya.

Pemberian dana kepada siswa yang tergolong anak yatim tersebut di saksikan oleh Waka Kurukulum Munawar,S.Pd, Waka Humas Agus Kristanto , ST, Waka Sarpras Drs. Sukarno PJ, MMT serta para Kaprodi (TKR, TPM,TAV dan TITL ) dan para wali kelas. Mereka ini mendapatkan sumbangan guna membantu pembayaran SPP bulanan, sejumlah dana tersebut berhasil dikumpulkan dalam tiga bulan terakhir oleh beberapa donator baik dari SMK KAL-1 baik guru, karyawan serta khususnya manejemen sekolah, dikompilir oleh Sri Sumiyati, S.Pd guru Matematika SMK KAl-1 beserta beberapa donator yang berhasil di kumpulkan oleh siswi Elviana Latihifah Khoirunnisa dari salah satu SMP Islam Terpadu di Sidoarjo yang kebetulan orang tuanya juga sebagai penggalang donatur.

Elviana turut tergugah hatinya dan berusaha menjadi motifator disekolahnya dalam menggalang dana untuk keperluan membantu generasi muda yang memiliki prestasi baik tapi kurang mampu dalam hal pembiayaan sekolah. Dari hasil pengumpulan di sekolahnya tersebut kemudian di gabungkan dengan dana yang berhasil di kumpulkan oleh orang tuanya.

Pada gelombang pertama ( tri wulan pertama ) di berikan kepada 7 siswa kelas XII antara lain :Arial bagus XII TKR A, M. Haris XII TKR B, M Fikri XII TKR C, Andika Surya XII TAV, M. Syahril XII TITL, Hadi Prihandono XII TPMA dan M. Taufik XII TPM B, menurut rencana di setiap triwulan akan selalu dilaksanakan pemberian dana sumbangan ini kepada seluruh siswa yang tergolong anak yatim secara bergantian.

Kepala sekolah SMK KAL-1 dalam sambutannya sebelum menyerahkan bantuan tersebut mengutib dari Kitab Suci Alqur’an (QS. Al Maa’uun 1-3) yang artinya bahwa Orang yang di katakan mendutakan agama itu adalah orang yang menghardik / menyia-nyiakan anak yatim, dan tidak memberi makan anak yatim, maka celakalah bagi orang yang Sholat….. dan seterusnya. Untuk itulah sebagai Pemimipin di sekolah ini berkewajiban melakukan langkah inovasi sesuai perintah ajaran Agama Islam, sejumlah siswa anak yatim, maka mereka ini harus mendapat perhatian khusus, baik dalam proses belajar-mengajar, kewajban siswa dalam pembayaran uang sekolah dan lain-lain.

Dengan mereka diperhatikan secara khusus, di harapkan akan muncul kebanggaan di sekolah ini dan dapat meningkatkan gairah dalam bersekolah guna mencapai prestasi yang terbaik.(*)

(YHT/dar)

KOMENTAR DISQUS :

Top