Selasa, 19 Desember 2017 |
Nasional

Panas Bumi di Merangin Diprediksi Hasilkan Listrik 200 MW

Selasa, 23 Agustus 2016 19:26:13 wib
Bupati Merangin, H Al Haris dalam Kegiatan Sosialisasi Pengembangan Panas Bumi bersama Kementrian ESDM RI

JAMBIDAILY NASIONAL-Sejak tahun 2014 lalu, Menteri ESDM telah menetapkan Wilayah  Graho Nyabu Kecamatan Jangkat Kabupaten Merangin sebagai wilayah kerja pertambangan panas bumi.

Penetapan tersebut sesuai SK nomor: 2781 K/30/MEM/2014. Dan saat ini Kementrian ESDM RI menyatakan proyek tersebut telah memasuki tahap lelang.

Potensi panas bumi Graho Nyambu tersebut, diperkirakan mampu membangkitkan tenaga listrik kurang lebih sebesar 200 megawatt.  Pemkab Merangin saat  ini berupaya untuk mewujudkan kemandirian energi, melalui program penyediaan tenaga listrik ke seluruh desa. Hal tersebut merupakan bagian dari upaya mewujudkan visi dan misi Pemkab Merangin 2013-2018.

"‘Jika proses lelang itu telah dilakukan, bisa mendukung kebutuhan energi listrik di Kabupaten Merangin kedepannya. Kita upayakan sebelum 2018 seluruh desa dapat menikmati aliran listrik, baik melalui jaringan PLN maupun sumber listrik lain,’’papar Bupati Merangin H Al Haris, belum lama ini, saat menggelar sosialisasi pengembangan panas bumi di Aula II Kantor Bupati Merangin.

Diakui bupati, Kabupaten Merangin memiliki potensi sumber energi baru dan terbarukan cukup berlimpah, yang dapat digunakan untuk mengantisipasi kebutuhan energi listrik dimasa depan.

Kabupaten Merangin juga memiliki potensi energi air yang telah lama menjadi sumber energi listrik utama di wilayah hulu Kabupaten Merangin seperti Kecamatan Jangkat, Kecamatan Jangkat Timur, Kecamatan Lembah Masurai dan Kecamatan Tabir Barat.

"Pemanfaatan air sebagai sumber listrik tersebut, telah dimulai sejak akhir dekade 90-an. Sekarang ini sekitar 20 persen dari seluruh desa/kelurahan di Kabupaten Merangin yang berjumlah 215 desa memperoleh aliran listrik secara mandiri dari pembangkit listrik tenaga mikro hidro (PLTMH),"pungkas H Al Haris.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Wabup H A Khafid Moein, Ketua DPRD Merangin H Zaidan dan utusan dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia.(Adv)

Penulis   : Teguh
Editor    : Hery FR

KOMENTAR DISQUS :

Top