Senin, 16 September 2019 |
Peristiwa

Pangdam I/BB: Peringatan HUT Ke-69 Kodam Jadi Momen Menguatkan Persatuan dan Kesatuan

Kamis, 20 Juni 2019 18:26:42 wib

JAMBIDAILY MEDAN - Peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-69 Kodam I/Bukit Barisan diharapkan menjadi momentum bagi seluruh warga masyarakat di empat provinsi untuk membangun kembali harmoni kehidupan yang didasari nilai-nilai luhur budaya bangsa.  

Selain itu, peringatan ini juga diharapkan menjadi spirit untuk memupuk kembali persatuan dan kesatuan di antara sesama anak bangsa, guna menatap masa depan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang lebih maju, berdaulat, adil dan makmur. 
 
Demikian disampaikan Pangdam I/BB, Mayjen TNI MS Fadhilah saat memimpin upacara peringatan HUT ke-69 Kodam I/BB Tahun 2019, bertempat di Lapangan Makodam I/BB, Jln Gatot Subroto Km 7,5 Medan, Kamis (20/6/2019). 

Upacara turut dihadiri Gubsu Edy Rahmayadi, Kapoldasu, Irjen Pol Agus Andrianto, Kapolda Riau, Irjen Pol Widodo Eko Prihastopo, Danlantamal I, Laksma TNI Ali Triswanto, Pangkosekhanudnas III, Marsma TNI Djohn Amarul, Danlanud Soewondo, Kolonel Pnb Dirk Poltje Lengkey, Ketua DPRD Sumut, Wagirin Arman, Kajatisu, Fachruddin Siregar, Kabinda Sumut, Brigjen TNI Ruruh S, Wali Kota Medan, Dzulmi Eldin, Kepala PN Medan, Djaniko MH Girsang, serta segenap pejabat TNI-Polri maupun Pemprov Sumut dan Pemko Medan.  

Selain itu, juga tampak hadir mantan Pangdam I/BB, Mayjen TNI Cucu Somantri, Kasdam I/BB, Brigjen TNI Hassanudin, SIP, MM, para Danrem, Kabalak, dan Dandim se jajaran Kodam I/BB,  para Dansat BS se wilayah Medan, Ketua Persit KCK PD I/BB, Ny Trisasanti MS Fadhilah beserta segenap pengurus se wilayah Kodam I/BB, serta tamu dan undangan lainnya.   

Dijelaskan Pangdam I/BB, konteks menjalin persatuan dan kesatuan sesama anak bangsa, menjadi tema peringatan HUT kali ini. Dan sebagai wujud kecintaan kepada masyarakat dalam rangkaian peringatan HUT ke-69 ini, Kodam I/BB juga melaksanakan rangkaian kegiatan bakti sosial berupa karya bakti bedah rumah, pembersihan rumah ibadah, donor darah, pemberian bantuan sembako dan lain sebagainya, yang diselenggarakan di seluruh wilayah jajaran Kodam I/BB. 

"Kami sadar bahwa apa yang kami berikan mungkin belum bisa membantu mengatasi masalah sosial secara maksimal. Tetapi percayalah bahwa bersama dengan komponen lainnya, kami akan terus berusaha memberikan pengabdian terbaik bagi masyarakat. Karena kecintaan rakyat kepada TNI adalah semangat pendorong bagi kami untuk terus berbuat yang terbaik bagi bangsa dan negara," jelas Pangdam I/BB.  

Diuraikan Pangdam juga,  peringatan HUT ini pada hakekatnya adalah sebuah momentum introspeksi diri untuk mengevaluasi perjalanan panjang yang telah dilalui, sekaligus menetapkan komitmen untuk melakukan yang lebih baik di masa depan. 

Selama 69 tahun, Kodam I/Bukit Barisan telah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari masyarakat Provinsi Sumatera Utara, Riau, Sumatera Barat, dan Kepulauan Riau. 

Bersama dengan komponen masyarakat lainnya, Kodam I/BB terus berusaha bahu-membahu membangun sendi-sendi kehidupan masyarakat, serta mengawal dan mengamankan kedaulatan NKRI. 

"Karena itu, tidak ada kalimat yang pantas kami sampaikan kecuali ucapan terima kasih yang setulus-tulusnya, serta penghargaan yang setinggi-tingginya kepada masyarakat beserta seluruh komponen yang ada di empat provinsi yang telah bersinergi bersama Kodam I/BB dan menjadikannya sebagai bagian tak terpisahkan hingga saat ini," urai mantan Kapuspen TNI itu.   

Tak lupa, jenderal bintang dua lulusan Akmil Magelang tahun 1988 ini menegaskan, sebagai alat negara dan anak kandung Rakyat Indonesia, pihaknya senantiasa mengharapkan kritik yang membangun, serta saran masukan agar menjadi semakin profesional dan terus mampu memberikan pengabdian terbaik bagi masyarakat, bangsa dan NKRI. 

"Karena itulah tugas yang harus kami pertanggungjawabkan, dan tanpa kebersamaan serta dukungan dari seluruh masyarakat, mustahil rasanya kami dapat melakukan tugas pengabdian ini dengan baik," ucapnya.

Rangkaian acara peringatan HUT ke-69 Kodam I/BB ini juga menampilkan sosio drama pertempuran Medan Area yang menceritakan sejarah perjuangan rakyat Sumatera Utara, yang menjadi cikal bakal terbentuknya Kodam I/BB. 

Kemudian, juga ditampilkan Tari Kolosal Bukit Barisan, yang menggambarkan keanekaragaman budaya di wilayah Kodam I/BB, khususnya di Provinsi Sumut, pameran alutsista yang dimiliki Kodam I/BB, unsur TNI AL, TNI AU dan Polri. 

Sebelum pelaksanaan upacara, Pangdam I/BB berkesempatan meresmikan Taman Perjuangan dan Museum Letjen TNI Djamin Ginting, serta ruang fasilitas fitner yang diberi nama Kawilarang Fitner Centre. 

"Peresmian sarana dan fasilitas ini sebagai wujud dan keinginan kami untuk mewarisi nilai-nilai kejuangan para pendahulu, guna mendorong semangat pengabdian kami di usia yang ke-69 tahun Kodam I/Bukit Barisan," pungkas suami dari Ny Trisasanti MS Fadhilah ini.  

Sumber: Pendam I/BB

KOMENTAR DISQUS :

Top