Sabtu, 18 Agustus 2018 |
Pendidikan & Teknologi

Pawai Obor dan Rahasia Peringatan Tahun Baru Hijriah

Rabu, 14 Oktober 2015 00:59:19 wib
Warga Kota Jambi menggelar Pawai Obor sambut 1 Muharram 1437/2015

JAMBIDAILY PENDIDIKAN-Setiap menyambut tahun baru islam 1 Muharam, warga Jambi selalu menggelar ritual pawai obor berkeliling kota.

Begitupun dengan menyambut tahun baru Hijriah 1437 H yang jatuh pada penanggalan nasional, Rabu (14/10), warga Kota Jambi menggelar pawai obor yang biasanya dimulai dari titik nol di mesjid atau surau di masing-masing kampung.

Kegiatan tersebut biasanya dimulai Ba'da sholat Maghrib atau ba'da Sholat Isya' hingga malam mengelilingi kampung masing-masing.

Dari penelusuran jambidaily.com, berdasarkan kosa kata Bahasa Indonesia, Pawai berarti iring-iringan orang, mobil, kendaraan.  Sedangkan Obor sendiri bermakna sebagai alat penerangan atau yang menerangi.

Secara maknawi, kegiatan pawai obor diselingi dengan sholawat mengelilingi kampung, dapat diartikan sebagai simbol persatuan setiap umat isalam yang mendiami kampung tersebut, untuk bersatu padu dalam semangat untuk menyambut pergantian tahun dengan makna hijrah, berharap ditahun mendatang mendapat semangat dan penerangan untuk lebih baik dalam urusan dunia dan akhirat dari tahun sebelumnya.

Ingin tahu makna dan rahasia dibalik peringatan tahun baru 1 Hijriyah ? simak  di http://www.rahasiasedekah.com/makna-tahun-baru-hijriah-1-muharam/  (*/SUS)

KOMENTAR DISQUS :

Top