Minggu, 17 Desember 2017 |
Ekonomi

PCJIL Dukung Pengembangan Agro Wisata "Kopi Liberika Tungkal" di Betara

Kamis, 07 Desember 2017 20:25:53 wib
Tim Comdev PCJIL dan Mentor petani binaan dari PT Multi Karya Sejahtera di depan Gerai UMKM "Mekar Jaya" Betara

JAMBIDAILY EKONOMI-Petrochina Jabung International Ltd (PCJIL) mendukung kelompok tani kopi liberika Kecamatan Betara Kabupaten Tanjung Jabung Barat untuk terus mengembangkan usahanya menjadi kawasan Agro Wisata.

Keseriusan PCJIL mendukung kemajuan para petani ini terlihat dari pembinaan terhadap petani dengan mengundang para mentor dari PT Multi Karya Sejahtera untuk melakukan edukasi dan pembinaan terhadap 16 kelompok tani kopi yang dibina PCJIL.

"Ini salah satu upaya kita melaksanakan program pemberdayaan para petani kopi liberika di Kabupaten Betara,"ungkap Comdev PCJIL Julian kepada jambidaily.com, saat mengunjungi kegiatan pelatihan para petani, di Gerai UMKM binaan PCJIL "Mekar Jaya" Betara, Kamis (08/12/2017).

Menurutnya, Betara memiliki potensi kebun kopi liberika yang luar biasa dan patut mendapat dukungan melalui sharing knowlegde sebagai bagian dari pembinaan.

"Kita membina 16 kelompok tani dengan luasan 800 Ha kopi Liberika.  Ini Potensi yang luar biasa,"papar pria yang akrab dengan awak media ini.

Kopi Liberika Tungkal jadi Sajian Utama Gerai UMKM Mekar Jaya yang dibangun SKK Migas-PetroChina

Staff Comdev PCJIL lainnya, Yuda, menambahkan, pihaknya telah melakukan pembinaan terhadap gerai UMKM Mekar Jaya yang menyediakan menu kopi Liberika dan makanan khas Tanjabbar lainnya.

"Tidak tertutup kemungkinan, jika semuanya berjalan baik nanti akan dikembangkan kawasan agro wisata dengan komoditas kopi liberika,"tamah Yuda.

Tim Mentor dari PT Multi Karya Sejahtera, Saladin, menyampaikan, potensi Betara untuk menjadi kawasan perkebunan Liberika sangat besar karena kontur tanah ini sesuai dengan peruntukan pertumbuhan Kopi Liberika.

"Liberika ini kopi asalan yang tumbuh dengan baik di kawasan gambut dan dataran rendah,"jelasnya.

Dari hasil pelatihan yang dilaksanakan terhadap kelompok tani binaan PCJIL ini, Dia melihat penting diedukasi bagaimana memelihara tanaman, dan mengelola pasca panen.

"Kita juga melihat para petani perlu didorong melalui manajemen terpadu agar dapat lebih maksimal,"papar pria yang akrab disapa Kang Adin Liberika ini.

Dia berharap, melalui pembinaan dari PCJIL dan sharing knowlegde dari Tim Satu Atap Kopi Lab (PT Multi Karya Sejahtera ini), Kecamatan Betara menjadi kawasan sentra kopi Liberika Tungkal terbesar di tanah air.

"Banyak yang dapat kita lakukan bersama untuk mengembangkan potensi Kopi Liberika Betara ini,"pungkasnya.

Sementara itu, pengelola Gerai UMKM "Mekar Jaya", Harihadi (33 tahun) menyampaikan, Gerai binaan PCJIL ini menyediakan produk utama kedai kopi dan produk olahan.

"Alhamdulillah animo masyarakat dan petani mulai meningkat.  Biasanya hanya habis 10 kg kopi bubuk perbulan, kini sampai tembus 50 kg per bulannya,"pungkas Harihadi.(*)


Penulis/Editor   : Hery FR

 

Berita Terkait:
Kopi Liberika Tungkal jadi Sajian Utama Gerai UMKM Mekar Jaya yang dibangun SKK Migas-PetroChina

KOMENTAR DISQUS :

Top