Senin, 19 Agustus 2019 |
Wisata & Budaya

Peduli Peninggalan Sejarah, Prajurit Korem 042/Gapu Bersih-Bersih Tugu Juang Jambi

Jumat, 03 Mei 2019 14:10:48 wib

JAMBIDAILY WISATA - Bangsa yang besar ialah bangsa yang menghargai dan menghormati jasa-jasa para pahlawannya. Karena itu, sebagai bentuk penghargaan terhadap jasa-jasa para pahlawan, Prajurit Korem 042/Gapu menggelar kegiatan bersih-bersih Tugu Juang Jambi yang terletak di Jalan HOS. Cokroaminoto, Selamat, Telanaipura, Kota Jambi, Jambi, Jum’at (3/5/2019) pagi.

Komandan Korem 042/Gapu Kolonel Arh Elphis Rudy,M.Sc.S.S saat dikonfirmasi awak penrem menjelaskan bangunan Tugu Juang tersebut merupakan representasi dari masyarakat Jambi bagaimana susahnya memperjuangkan negeri tercinta ini dari penjajah. 

"Tugu Juang merupakan salah satu tempat bersejarah yang ada dikota Jambi dimana telah terjadi pertempuran demi mempertahankan salah satu wilayah nusantara (Jambi) oleh para pejuang dari Jambi melawan para penjajah Belanda yang akan merebut wilayah Jambi tepatnya pada tanggal 29 Desember 1949, walaupun saat itu dikatakan bahwa Indonesia telah merdeka namun masih ada gejolak di daerah-daerah terpencil salah satunya di wilayah Jambi," kata Kolonel Elphis. 

Kegiatan bersih Tugu Juang, jelas Danrem, selain agar penanda sejarah itu tetap terawat juga bertujuan mengenang semangat dan jasa para pahlawan. "Harapannya agar generasi muda tidak melupakan sejarah. Kita sekarang yang tinggal menikmati kemerdekaan harus sekuat tenaga dan pikiran membangun negara dan bangsa ini. Melihat kondisi Tugu Juang Jambi saat ini mungkin bisa dibilang tidak ada yang memperhatikan dan kita berharap pemerintah Jambi yang terkait hal ini harus lebih memperhatikan sejarah peninggalan yang ada di wilayah Jambi, sehingga dapat dijadikan wisata keluarga untuk masyarakat Jambi," imbuhnya.

Pihaknya mengaku cukup puas melihat keberadaan tugu atau monumen sejarah yang merupakan salah satu monumen peninggalan zaman kemerdekaan, meskipun nampaknya kurang terawat dengan baik. "kita hanya membersihkannya dari sampah dan memotong rumput yang sudah panjang dengan menggunakan mesin rumput, biar nampak bersih," tegasnya. (Penrem 042/Gapu)

KOMENTAR DISQUS :

Top