Rabu, 20 Maret 2019 |
Ekonomi

Pekan Depan, Tanjabtim Rencanakan Penyerahan SK CPNS

Senin, 25 Februari 2019 19:25:19 wib
ilustrasi

JAMBIDAILY TANJABTIM - Setelah diumumkan hasil seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) per tanggal 31 Desember 2018 lalu, Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim) berencana melaksanakan penyerahan SK CPNS pada pekan depan. Penyerahan tersebut, akan diserahkan langsung oleh Bupati Tanjabtim.

Hal itu dikatakan Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BKPSDMD), Hadi Firdaus melalui Kabid Mutasi dan Promosi, Angga. Angga mengatakan, bahwa Selasa (26/2) hari ini pihaknya akan mengambil hasil Nomor Induk Pegawai (NIP) CPNS ke Kantor Regional 7 BKN Palembang.

"Setelah itu kita akan langsung menindaklanjuti penetapan SK CPNS dari Bupati. Jika tekejar, minggu depan Insya Allah kita langsung menyerahkan SK CPNS secara simbolis," katanya.

Selanjutnya, sebut Angga, jika SK CPNS sudah diserahkan, para CPNS akan diberi waktu kurang lebih selama Tiga minggu untuk beradaptasi di kantornya masing-masing, sambil menunggu panggilan untuk melaksanakan latihan dasar pra jabatan CPNS.

"Kita mendapatkan jadwal melaksanakan latihan dasar pra jabatan di awal bulan April selama 40 hari kalau tidak salah," sebutnya.

Karena, lanjutnya, pada Peraturan Pemerintah nomor 11 tahun, masa percobaan CPNS itu selama 1 tahun. Jadi dalam masa percobaan itu, CPNS harus diberi latihan dasar.

"Setelah CPNS tersebut sudah didiklatkan, Insya Allah pada tahun depan sudah diangkat menjadi PNS," ungkapnya.

Sementara, terkait gaji, para CPNS hanya menerima 80 persen, sebelum pada tahun depan ditetapkan menjadi PNS. "Itu sebabnya para CPNS harus mengikuti latihan dasar pra jabatan. Karena selama 1 tahun itu, CPNS di uji coba. Jika ada yang tidak lulus selama 1 tahun, CPNS itu diberhentikan," jelasnya.

Dalam masa latihan dasar pra jabatan, tambah Angga, ada penilaian terhadap CPNS. Misalnya, jika ada salah satu CPNS beberapa kali tidak masuk, disitu ada akumulasi penilaian.

"Dan bisa jadi karena itu, CPNS tersebut dinyatakan tidak lulus. Namun kalau CPNS itu dinyatakan lulus, maka akan diangkat menjadi PNS dan akan dikeluarkan sertifikat kelulusan," tukasnya.

 

Penulis: Hendri Rosta/Editor: Hendry Noesae

KOMENTAR DISQUS :

Top