Sabtu, 20 Oktober 2018 |
Pendidikan & Teknologi

Pelaku Sejarah Apresiasi Keberadaan IWO di Gedung Empat Jenis

Sabtu, 20 Januari 2018 19:59:02 wib

JAMBIDAILY KERINCI - Gedung Empat Jenis (umah uhang empat jenis) yang berdiri kokoh di Jalan Jend. Sudirman Kota Sungai Penuh dibangun dengan dana miliaran rupiah, dimasa H Fauzi Si'in menjabat Bupati/Kepala Daerah Kabupaten Kerinci, bersumber dari dana abadi, sumbangan masyarakat seluruh Indonesia dan luar negeri pasca Gempa Bumi Kerinci 1995 silam. 

Hal ini diungkapkan H. Sa’aduddin Ibrahim Mantan Anggota DPRD Provinsi Jambi dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP), kepada Geger Online, Kamis (18/1) dikantor Ikatan Wartawan Online (IWO) Kota Sungai Penuh.

"saya memperjuangkan dimasa Gubernur Jambi H. Abdurrahman Sayuti berjalan ruwet sempat diwarnai ketegangan dan baru penyerahannya kepada pemerintah Kabupaten Kerinci dimasa Gubernur Zulkifli Nurdin, diserahkan kepada Bupati Kerinci H. Fauzi Siin Rp.2,5 M, dan berada dalam rekeningnya," Kata H. Sa'aduddin Ibrahim, Mantan Anggota DPRD Povinsi Jambi

Dijelaskannya dana tersebut digunakan untuk membangun gedung empat jenis (umah uhang) Empat Jenis, “Adat, Pemuda, Ulama, dan Cendikiawan.” Berdasarkan data peletakkan batu pertama, 10 Nopember 2002, dimulai pelaksanaan 6 Januari 2003, diresmikan 10 Nopember 2004 oleh Bupati Kerinci H Fauzi Siin. 

"Dan masih tersisa Rp. 1,5 miliar. Kita berterima kasih adanya inisiatif Bupati Fauzi Siin, sehingga gedung tersebut dapat dimanfaatkan hingga kini. Ini sudah tepat gedung ini dipelihara, dijaga dan dimanfaatkan Wartawan (Kantor Media) yang berhimpun dibawah IWO (Ikatan Wartawan Online) Kabupaten Kerinci dan Kota Sungai Penuh," ujarnya.

Lalu lebih lanjut H. Sa’aduddin, sangat mengapresiasi keberadaan IWO, berkantor di Gedung Empat Jenis. Saya minta agar dipelihara dengan baik dan di jadikan kegiatan yang positif seperti kegiatan seni dan budaya Kerinci, pembinaan Adat, Kepemudaan, olah raga, kegiatan keagamaan dan lainnya.
 
"Saya minta, agar IWO memfasilitasi kegiatan-kegiatan Seni budaya dan kegiatan kepemudaan di Kerinci," Harapnya. 

Hal ini juga mendapat tanggapan dari Ketua IWO Kabupaten Kerinci dan Kota Sungai Penuh, Zoni Irawan mengatakan untuk menghidupkan kegiatan, IWO telah mengambil langkah melakukan kegiatan gotong royong. 

"karena gedung ini sudah bertahun-tahun tidak ditunggu, kondisinya sudah berantakan. Untuk merehab dilakukan pengumpulan dana dengan menjual Kalender kepada donator secara suka rela. Kini gedung sudah kita tunggu bersama," ujarnya.

"Memang kita sadari selama ini belum ada bantuan dari Walikota dan Bupati Kerinci, untuk pemelihraan gedung Empat Jenis. kini sudah 68 orang Wartawan yang tergabung dalam IWO Kabupaten Kerinci dan Kota Sungai Penuh, berkantor di gedung ini. SDM yang ada juga bagian dari aset daerah, maka kita upayakan kerjasama dengan berbagai pihak," paparnya. (GU Depati Intan)

KOMENTAR DISQUS :

Top