Jumat, 03 April 2020 |
Politik

Pelantikan Kepala Dinas Dukcapil Kerinci

Rabu, 11 Maret 2020 03:41:33 wib

JAMBIDAILY POLITIK – Selasa (10/3), bertempat di VIP Room Rumah Dinas Gubernur Jambi, Dirjen Dukcapil Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia, Prof.Dr.Zudan Arif Fakrulloh,SH,MH melantik Pejabat Tinggi Pratama Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Kerinci, Nafritman, SE,M.Si
 
Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jambi H.Sudirman,SH,MH, Asisten Sekda Provinsi Jambi Bidang Pemerintahan dan Kesra, (A1) Apani Saharudin, Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan (A2), Agus Sunaryo, dan Kepala Dinas Sosial Kependudukan dan Catatan Sipil Provinsi Jambi, Arif Munandar menyaksikan pelantikan tersebut.
 
Dalam arahannya, Zudan Arif Fakrulloh mengapresiasi Gubernur Jambi atas fasilitasi dalam pelantikan Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil kabupaten Kerinci ini.
 
Zudan menyatakan, berdasarkan Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2013 tentang UU Adminduk (Administrasi Kependudukan), pejabat Dukcapil diangkat da diberhentikan oleh Mendagri.
 
Zudan menjelaskan, Dinas Dukcapil se Indonesia aturannya sama, perangatnya sama, alatnya sama, bahan-bahan kerjanya sama, formulirnya sama, dan outputnya sama. Dengan demikian, jika ada mutasi pejabat atau staf Dukcapil dari suatu daerah ke daerah lain, maka akan bisa cepat melaksanakan pekerjaan.
 
Zudan menuturkan, dalam lima tahun terakhir, Kemendagri telah melantik 481 kepala dinas Dukcapil se Indonesia, 2.187 Eselon III, 5.341 Eselon IV, total 7.900 pejapat yang dipindah, dipromosikan, dan diganti. Dan dari 7.900 tersebut, hanya Naftritman, Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Kerinci yang dilantik langsung oleh Dirje.
 
Zudan menegaskan bahwa tugas utama Kepala Dinas Dukcapil dan jajarannya adalah melayani masyarakat, memberikan dokumen kependudukan yang dibutuhkan masyarakat. “Tolok ukur bukan hanyaa cepat, gratis, dan mudah, tetapi bagaimana masyarakat bahagia, bagaimana masyarakat bisa tersenyum dengan pelayanan yang baik dari Dukcapil,” ungkap Zudan.
 
tahun ini, lanjut Zudan, akan dilaunching di Solo Gerakan Dukcapil Melayani dengan Sepenuh Hati.
 
Zudan menambahkan, Dukcapil memprogramkan untuk membagikan KTP sebagai hadiah 17 tahun bagi siswa siswi SLTA. (Mustar, foto: Agus, video: Latib/Humas Pemprov Jambi).

 

KOMENTAR DISQUS :

Top