Jumat, 24 November 2017 |
Advetorial

Pelayanan Pendidikan Harus Merata dengan Standar yang Sama

Rabu, 12 April 2017 07:14:14 wib
Gubernur Jambi H Zumi Zola foto bersama Badan Akreditasi PAUD dan PNF Provinsi Jambi

JAMBIDAILY ADVETORIAL-Gubernur Jambi, H.Zumi Zola Zulkifli,S.TP,MA mengemukakan bahwa pondasi pendidikan harus dibangun sejak jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), dan pondasi yang dibangun harus yang terbaik.

Hal itu dinyatakan oleh Zola saat melantik dan mengukuhkan Badan Akreditasi Provinsi Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Non Formal Periode 2016-2021, di Aula kantor Dinas Pendidikan Provinsi Jambi, Selasa (11/4).

Pada kesempatan tersebut juga diserahkan sertifikat akreditasi kepada lembaga PAUD dan PNF Terakreditasi Tahun 2016.

Zola mengatakan, PAUD merupakan dasar untuk mengembangkan kecerdasan seorang anak, dimana dengan landasan yang kokoh diharapkan menghasilkan kualitas SDM yang mampu bersaing pada era globalisasi.

“Kita tahu bahwa PAUD merupakan pondasi untuk membangun lebih lanjut, jika pondasinya bagus maka akan kokoh juga,  dengan pondasi yang kokoh mereka bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi,” ujar Zola.

Selain itu, lanjut Zola, peranan orangtua juga diperlukan untuk mendukung pendidikan anak-anaknya.

“Untuk itu, Bunda PAUD akan sering turun ke lapangan untuk melihat langsung bagaimana kondisi penyelenggaraan PAUD di Kabupaten/Kota. Dari kunjungan tersebut akan kita ketahui kekurangan dan kelebihan yang akan menjadi catatan kami tentang apa yang harus disupport,” tambah Zola.

Zola juga mengemukakan bahwa membangun pondasi pendidikan terbaik sejak usia dini dalam jenjang PAUD harus dilakukan secara merata di semua kabupaten/kota, dengan standar yang sama.

“Dilantiknya pengurus Badan Akreditasi Provinsi Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Non Formal akan menjadikan kualitas pendidikan di Provinsi Jambi memiliki standar yang sama,” ungkap Zola.

”Kita hari ini melantik dan mengukuhkan Badan Akreditasi Provinsi Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Non Formal yang tujuannya adalah agar pendidikan di Provinsi Jambi terutama PAUD juga Pendidikan Non formal memliliki standar yang sama. Kita tidak ingin anak kita terfokus pada satu lokasi  saja tetapi menyebar di banyak tempat. Tadi saya arahkan pelantikan ini dilakukan di setiap kabupaten/kota. Kita ingin anak anak kita mendapatkan pelayanan pendidikan yang terbaik dan kualitas juga standar yang sama, ini  salah satu program kita,”ujar gubernur.

Disampaikan gubernur bahwa dengan dilantiknya kepengurusan akan membantu Pemerintah Provinsi Jambi dalam membangun dan memajukan pendidikan di Provinsi Jambi.

”Beberapa tahun mendatang kita akan mendapatkan bonus demografi dimana usia produktif lebih banyak. Ini bisa jadi bonus kalau berkualitas SDM-nya karena persaingan ke depan sangat ketat apalagi dengan berlakunya MEA, kalau tidak memiliki kualitas maka tidak bisa bersaing, sehingga angka penganguran meningkat, angka kemiskinan meningkat. Ini merupakan suatu tantangan yang harus disikapi dengan semangat, semua yang hadir, semua tenaga pendidik, tetutama PAUD  menjadi harapan kami, kegiatan hari ini jangan menjadi formalitas saja, ketika pulang tidak membawa kesan apapun,” tegas Zola.

Sementara itu, Ketua TP PKK Hj.Sherrin Tharia Zola selaku Bunda PAUD Provinsi Jambi menyampaikan bahwa setiap lembaga pendidikan baik formal maupun non formal harus memiliki mutu yang baik.

”Mutu yang baik itu tidak hanya berlaku pada pendidikan formal saja tetapi juga pendidikan non formal, dengan mutu yang baik maka akan menghasilkan output yang juga berkualitas,” ujar Sherrin

Sherrin mengemukakan, akreditasi merupakan penilaian kelayakan pelaksanaan pendidikan, jika tidak memiliki kelayakan maka sulit untuk bertahan dan berkembang, karena masyarakat sekarang sudah cerdas, dan kelayakan bukan saja dinilai dari kelayakan gedung tetapi keseluruhan proses belajar mengajar, mulai dari kurikulum, proses pengajaran, pembiayaan, tata kelola gedung, administrasi dan sebagainya. “Berdasarkan pengalaman pribadi, sulit sekali menemukan lembaga pendidikan tempat yang dipercayai untuk menitipkan anak-anak kami,” ungkap Sherrin Tharia.

Sherrin Tharia Zola mengharapkan agar Badan akreditasi yang baru dilantik dan dikukuhkan tersebut dapat menjadi jawaban bagi orang tua untuk menilai kualitas pendidikan di suatu sekolah.

”Diharapkan Badan Akreditasi ini dapat menjadi jawaban karena orangtua membutuhkan pengakuan kualitas melalui akreditasi, karena akreditasi merupakan kebanggaan pengakuan kelayakan kualitas penyelenggaraan pendidikan,” jelas Sherrin Tharia.

Sekretaris Badan Akreditasi PAUD dan PNF Kementerian Kependidikan dan Kebudayaan RI, Perdana Afif Lutfi, ST,MT dan para undangan lainnya turut hadir dalam acara tersebut.(*)


Penulis   : Maria/Mustar Hutapea'
Foto      :  Kamarul Zaman

 

KOMENTAR DISQUS :

Top