Minggu, 24 September 2017 |
Nasional

Peluang Pengangkatan CPNS 2016 di Merangin

Rabu, 25 November 2015 22:30:58 wib
ilustrasi (google.co.id)

JAMBIDAILY MERANGIN–Peluang para honorer Kategori Dua (K2) untuk diangkat menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) ditahun 2016 sepertinya kian menipis.

Pihak Badan Kepegawaian Daerah (BKD) kabupaten Merangin hingga saat ini belum mendapat kepastian terkait pengangkatan itu.
 
Kepala BKD Merangin, Haswar saat di temui di ruang kerjanya membenarkan hal tersebut. Dia mengatakan, kecil peluang untuk dilakukan seleksi penerimaan CPNS dari K2 ditahun 2016.
 
‘’Memang ada kabar sebelumnya, kalau K2 akan di angkat secara bertahap. Namun sampai saat ini ada kepastian resmi dari pusat,” ulas Haswar, kemarin.
 
Dikabupaten Merangin sendiri sedikitnya ada sekitar 763 orang honorer K2 yang belum diangkat menjadi CPNS. Sebelumnya, ada sekitar 1004 orang honorer K2 yang tersebar dimasing masing dinas/intansi. Pada tes CPNS untuk K2 tahun 2014 lalu, sekitar 238 orang yang dinyatakan lulus. Dan sisanya, masih menunggu untuk diangkat menjadi CPNS.
 
Haswar mengatakan, kecilnya peluang untuk pengangkatan CPNS dari K2 ditahun 2016 tidak terlepas dari pengajuan anggaran penerimaan CPNS tahun 2016 yang diajukan oleh KemenPAN-RB, ditolak oleh DPR RI.
 
Penolakkan itu sendiri, dikatakan Kepala BKD Merangin tidak terlepas dari kondisi keuangan Negara saat ini yang mengalami defisit anggaran. Dengan alasan efisiensi, penerimaan PNS kemungkinan besar ditiadakan ditahun 2016.  ‘’Hampir bisa dipastikan tidak ada peluang untuk 2016 ini. Kalau pun ada mungkin pada anggaran perubahan nanti, itu pun belum pasti,” terangnya.
 
Lebih lanjut Haswar mengatakan, meski peluang tes CPNS untuk K2 ditahun 2016 semakin menipis, tidak membuat pihak BKD Merangin berdiam diri. Pihak BKD masih terus melakukan lobian ke Pemerintah Pusat, agar diberikan persetujuan untuk pelaksanaan tes CPNS ditahun 2016. Lobian ini pun juga dilakukan oleh pihak BKD dari daerah lain.
 
Permintaan dari BKD Merangin tersebut dikatakan Haswar lantaran Kabupaten Merangin, sejak beberapa tahun terakhir tidak melakukan penerimaan CPNS. Kabupaten Merangin sendiri mengalami kekurangan tenaga kerja berstatus PNS, di beberapa lini, terlebih lagi adanya PNS yang telah berakhir masa tugasnya alias pension.
 
‘’Tapi saat ini masih dalam proses lobi, kita terus berupaya, kalau memang ada peluang nanti, tentu kita ingin di Merangin juga ada penerimaan,” imbuh Haswar lagi.
 
Terkait sempat beredarnya kabar bakal ada penerimaan K2 menjadi CPNS ditahun 2016, Haswar tidak menampik hal tersebut. Dirinya mengaku sempat mendengar isu bahwa para calo mulai ‘bergentayangan’ menawarkan jasa kepada para honorer K2.
 
Menanggapi isu ini pun, Haswar menghimbau kepada seluruh honorer K2 yang ada di Kabupaten Merangin untuk tidak mudah percaya dengan tawaran jasa yang dilakukan oleh orang orang yang tidak bertanggungjawab.
 
‘’Ini juga perlu kami luruskan, kalau ada yang datang dan menjamin bisa lulus, itu jangan dipercaya, sebab penerimaan saja belum tentu ada,” tegasnya.
 
Jika pun nanti ada penerimaan CPNS untuk K2, Haswar menegaskan agar para honorer K2 tidak mudah percaya dengan para calo yang menjanjikan dapat meluluskan dalam tes CPNS.
 
‘’Kalaupun nanti ada penerimaan, tetap saja kami himbau agar tidak termakan rayuan calo. Sebab ini kan pusat yang menentukan kelulusan, kami saja tidak akan bisa melobi orang pusat soal orang yang lulus, apalagi calo,” pungkas Haswar.(jambidaily.com/NZR)

KOMENTAR DISQUS :

Top