Minggu, 05 April 2020 |
Advetorial

Pemkab Merangin Dorong Keberadaan Pesantren

Kamis, 21 Mei 2015 09:59:53 wib
Wabup Merangin, H A Khafid Moein, saat memberi arahan di Ponpes Darul Muttaqien Kecamatan Pemenang (20/05)

JAMBIDAILY ADVETORIAL-Wakil Bupati (Wabup) Merangin H A Khafid Moein kemarin (20/5) menghadiri acara haflah akhirussanah ke-22 Pondok Pesantren Darul Muttaqien, di Desa Pauh Menang Kecamatan Pamenang.

Pondok yang telah beraktivitas selama puluhan tahun itu, tahun ini meluluskan sebanyak 35 orang anak. Hampir semua anak yang menyelesaikan pendidikannya itu, akan melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi lagi.

‘’Pemkab Merangin akan terus mendorong dan mendukung keberadaan pondok-pondok pesantren yang tersebar di sejumlah kecamatan di Kabupaten Merangin. Saat ini sudah ada sekitar 43 pondok pesantren,’’ujar Wabup.

Semua pondok pesantren itu jelas Wabup, tahun ini akan mendapatkan bantuan dana hibah sebesar Rp 25 juta perpondok pesantrennya. Diharapkan Wabup dana yang akan diserahkan dalam waktu dekat itu, mampu membantu aktivitas pesantren.

Untuk memberantas buta aksara Al Quran terang Wabup, Pemkab Merangin juga telah mengucurkan dana untuk honor guru mengaji dan pegawai sara’ di setiap masjidnya.

‘’Berdasarkan data dari Bagian Kesra Setda Merangin, saat ini ada sebanyak 3.300 orang guru mengaji dan pegawai sara’ yang dalam waktu dekat akan menerima honor. Kita harapkan pengajian antara Magrib dan Isya lebih ditingkatkan lagi,’’harap Wabup.

Diakui Wabup, memang Kabupaten Merangin masih banyak mengalami berbagai kekurangan, namun demikian secara bertahap berbagai kekurangan itu akan dipenuhi. Salah satunya dengan membantu pegawai sara’ dan guru mengaji.

‘’Semoga Pondok Pesantren Darul Muttaqien ini selalu mendapat Ridho Allah SWT,’’harap Wabup pada acara yang juga digelar tasyakuran pengajian masyarakat Desa Pauh Menang dan sekitarnya itu.

Pada kesempatan itu wabup minta kepada para orang tua untuk terus memperhatikan dan mengawasi anak-anaknya dari pengaruh bahaya Narkoba. Sekarang ini Indonesia terang Wabup, sudah darurat Narkoba.

Turut hadir pada acara yang berlangsung meriah itu, Mashuri staf ahli bupati, Kabag Humas M Thoher dan Camat Pemenang Abdul Gani. Acara yang diwarnai berbagai hiburan bernuansa Islami itu merupakan agenda tahunan pesantren tersebut. (jambidaily.com/HMS/TEG)

KOMENTAR DISQUS :

Top