Minggu, 17 Desember 2017 |
Peristiwa

Pemkab Merangin Gelar Apel Siaga Bencana

Selasa, 05 Desember 2017 11:19:47 wib

JAMBIDAILY MERANGIN - Pemerintah Kabupaten Merangin (Selasa, 5/12/17), menggelar apel gelar pasukan dan peralatan dalam rangka menghadapi siaga bencana, banjir, longsor dan angin puting beliung di Kabupaten Merangin.

Pada apel yang berlangsung di halaman depan Kantor Bupati Merangin itu, tampil sebagai Inspektur Upacara Bupati Merangin H Al Haris. ‘’Apal ini sangat penting, guna ansipasi dini sebelum terjadi bencana,’’ujar Bupati.

Mengetahui bakal akan terjadi bencana jelas bupati, sangat penting dipahami. Apalah itu bencana gempa bumi, banjir, tanah longsor dan berbagai pencana alam lainnya yang selalu mengancam kapan saja.

Berbicara ketangguhan dalam menghadapi bencana lanjut bupati, tidak terlepas dari kemampuan mengurangi bahaya. Kemampuan yang harus ditingkatkan itu, kemampuan mengantisipasi setiap ancaman bencana yang akan terjadi.

Selain itu, memampuan melawan ancaman bencana, kemampuan mengadaptasi bencana dan dampak yang ditimbulkannya serta kemampuan untuk memulihkan lokasi bencana.

Apel tersebut diikuti pasukan dari TNI Kodim 0420 Sarko, Brimob, Polantas, Intel Polres Merangin, Satpol PP, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Aparatur Sipil Negera (ASN), Perhubungan, Damkar, Tagana dan Senkom.

Pada kesempatan tersebut, bupati menegaskan Pemkab Merangin juga telah membentuk desa tangguh bencana. Desa itu dilengkapi dengan, peta rawan bencana, rencana penanggulangan bencana dan rencana kontinjensi.

Disamping itu desa tangguh bencana juga dilengkapi, sistem peringatan dini, prosedur tetap  untuk tanggap darurat, forum relawan, tim reaksi cepat, peralatan komunikasi dan informasi serta kesiapan logistik.

Usai upacara bupati bersama rombongan memantau berbagai peralatan dan armada yang dimodifikasi khusus untuk penanggulangan bencana. Peralatan dan armada bencana itu, siap diturunkan kapan dan dimana saja. (teguh/humas)

KOMENTAR DISQUS :

Top