Selasa, 11 Desember 2018 |
Ekonomi

Pemkab Tanjabtim Ajukan Ke Bappenas Untuk Pembangunan Jembatan Nipah - Sadu

Minggu, 08 April 2018 17:35:42 wib
ilustrasi

JAMBIDAILY MUARASABAK - Besarnya biaya peruntukan pembangunan jembatan. Penghubung Nipah - Sadu membuat pemerintah daerah mencoba mengajukan permohonan ke Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas). Dalam hal ini pengajuan tengah dalam proses persedian dari Bappenas.

Bupati Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim) Romi Hariyanto mengatakan langkah pengajuan prmbangunan jembatan Nipah - ﹰSadu ke ﹰBappenas dikarenakan pemerintah daerah sendiri tidak memiliki anggaran yang cukup untuk pembangunan jembatan tersebut. "Pengajuan permohonan sudah di sampaikan saat ini tengah di proses. Mudah-mudahan di setujui,"kata Romi belum lama ini.

Dikatakannya,jika di setujui artinya pemerintah Tanjabtim hanya terima jadi jembatan penghubung Nipah-Sadu. Karena mekanisme di Bappenas adalah dalam pembangunan dilakukan oleh pihak Bappenas,begitu juga dengan semua bahan yang dibutuhkan di sediakan oleh Bappenas. "Nah pemerintah taunya barang jadi. Selanjutnya pemkab melakukan pembayaran secara angsur setiap tahunnya,"ujarnya.

Dijelaskannya dalam prmbangunan jembatan penghubung Nipah - Sadu anggaran yang di butuhkan sekitar 150 milyar hingga 200 milyar. Jikalau pemerintah daerah tetap akan membangun menggunakan anggaran APBD maka keseluruhan anggaran tidak akan mencukupi untuk biaya prmbangunan jembatan tersebut. "Anggaran segitu besar jika di kucurkan untuk jembatan seluruhnya maka pembangunan lain tidak ada. Apalagi sama-sama diketahui masih banyak pembangunan yang harus di selesaikan,"jelasnya.

Sekedar untuk diketahui Pemkab Tanjabtim memang telah berencana untuk melakukan pembangunan jembatan penghubung Nipah Panjang-Sadu, pembangunan ini juga mengingat adanya wacana Pemerintah Provinsi Jambi Untuk membangun Pelabuhan Ujung Jabung dimana nantinya Ujung Jabung akan menjadi pelabuhan barang.

Selain itu dengan adanya jembatan tersebut juga akan dapat meningkatkan aksesibilitas antar wilayah, serta terbukanya interkoneksi jaringan jalan dari bandar jaya menuju Nipah Panjang ke Sungai Lokan dan Ujung Jabung serta Sungai Sayang. Bahkan keberadaan jembatan ini nantinya akan memperlancar akses jalan dan akan mendukung sektor perekonomian masyarakat, baik di wilayah Tanjabtim dan Provinsi Jambi. Sebab di daerah Nipah Pajang dan Sadu ini banyak komoditi hasil pertanian dan perkebunan masyarakat.(*)

Penulis : Hendri R

KOMENTAR DISQUS :

Top