Sabtu, 24 Agustus 2019 |
Ekonomi

Pemprov Bakal Tingkatkan Harga Karet, Ini Kata Zola

Selasa, 11 Oktober 2016 06:19:00 wib
Gubernur Jambi H Zumi Zola memimpin Rakor Peningkatan Harga Karet

JAMBIDAILY EKONOMI-Ditengah keterpurukan perekonomian petani karena anjloknya harga karet yang tak kunjung stabil, Pemprov Jambi bakal melakukan upaya peningkatan harga komoditi utama tersebut.

"Perlu intervensi pemerintah agar harga karet tetap stabil,"ungkap Gubernur Jambi, H. Zumi Zola, kemarin (10/10), usai memimpin rapat  peningkatan kualitas dan harga karet serta presentasi yang disampaikan Yana  Mahasiswa Unja dan petani karet Desa Muhajirin Muaro Jambi Sugito tentang pengolahan karet.

Untuk meningkatkan harga karet ditingkat petani, pada 2017 mendatang, Pemprov telah meng-anggarkan dan membuat program pengolahan karet sit.

Provinsi Jambi bisa menjadi contoh terkait dengan pengolahan karet yang saat ini telah dikerjakan masyarakat Muhajirin Muaro Jambi, dengan membuat sarung tangan, karet gelang, keset kaki, meskipun masih dalam produksi terbatas.

"Saya selalu mengatakan karet di Jambi menjadi contoh, di Desa Muhajirin harga lebih tinggi daripada daerah lain.  Dan kita mendorong peremajaan kebun karet.  Saat ini produksi masih rendah, kualitas karet lebih banyak karet kotor daripada yang bersih,"terang Zola.

Disamping mendorong pengunaan alat membuat karet sit angin, Gubernur juga menghimbau seluruh pihak yang terkait melakukan upaya yang saling mendukung, peningkatan perkebunan karet produktif, perkuat asosiasi petani karet, serta pengusaha dibidang karet ikut mendukung upaya pemerintah meningkatkan kualitas karet serta taraf hidup petani karet.

"Untuk karet buatkan konsepnya, kita minta bukan hanya dari pemerintah saja, gapkindo, petani,  pihak kabupaten dapat melakukan tugasnya masing masing, karet kita banyak yang keluar seperti ke Medan, Padang.  Dan kita upayakan lebih baik diolah sendiri di Jambi," tegas Zola.

Turut hadir dalam rapat tersebut, Kadis Perindag, Kadis Perkebunan, Kepala Bappeda,Kepala BPMD PP, Gapkindo, Asosiati Petani, Akademisi.(*)


Penulis   : Raihan HMS
Editor    : Hery FR

 

KOMENTAR DISQUS :

Top