Selasa, 25 Juni 2019 |
Ekonomi

Pemprov Jambi Terus Berupaya Tingkatkan Produksi Padi

Rabu, 20 Maret 2019 20:41:13 wib
Gubernur Jambi, Dr.Drs.H.Fachrori Umar,M.Hum

JAMBIDAILY SIMPANG DATUK, Tanjabtim -  Gubernur Jambi, Dr.Drs.H.Fachrori Umar,M.Hum mengemukakan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi terus berupaya meningkatkan produksi dan produktivitas tanaman pangan di Provinsi Jambi, diantaranya tanaman padi, serta dilakukan secara berkelanjutan. Hal tersebut dikemukakan Fachrori usai melakukan Panen Penangkar Benih Padi Inbrida pada Kelompok Tani Harapan Mulia,  di Desa Simpang Datuk Kecamatan Nipah Panjang Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Rabu (20/03).

"Upaya yang terus dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Jambi dalam meningkatkan produksi dan produktivitas tanaman pangan bisa kita lihat dari terus bertambahnya areal luas tanam, luas panen dan meningkatnya produktivitas setiap periode tanam," ujar Fachrori.

Fachrori mengatakan, Pemerintah Provinsi Jambi terus optimis dalam meningkatkan produksi dan produktivitas tanaman pangan dengan beberapa upaya yang telah dilakukan, seperti intensifikasi pertanian, penyediaan benih unggul, optimalisasi dan perluasan areal tanam, perbaikan irigasi, pembangunan embung, rehabilitasi dan konservasi lahan pertanian, serta pengamanan hasil produksi.

Fachrori mengungkapkan, panen hari ini merupakan hasil dari pengembangan penakaran benih padi sawah melalui pola korporasi kemitraan antara kelompok tani dengan perusahaan produsen benih. Luas panen padi pada kesempatan ini sejumlah 210 hektare dan sesuai dengan kesepakatan bersama, hasil produksi akan ditampung oleh perusahaan, yang selanjutnya disalurkan untuk kebutuhan benih bagi Provinsi Jambi.

"Saya mengharapkan kegiatan ini terus ditingkatkan dan dikembangkan, agar penggunaan benih bersertifikat ditengah tengah masyarakat lebih maksimal dalam upaya meningkatkan produksi dan produktivitas tanaman pangan guna mewujudkan swasembada pangan di Provinsi Jambi. Saya juga meminta kepada seluruh pemangku kepentingan dan seluruh stakeholder terkait untuk berkomitmen dan bersinergi dalam mewujudkan kedaulatan pangan di Provinsi Jambi," ungkap Fachrori.

Bupati Tanjung Jabung Timur, H.Romi Hariyanto,SE mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Jambi yang telah bersedia hadir dan secara langsung melakukan panen padi di Kabupaten Tanjung Jabung Timur. "Saya mewakili masyarakat Tanjung Jabung Timur merasa bangga karena Bapak Gubernur secara langsung melakukan panen padi di Desa Simpang Datuk," kata Romi.

Romi menyampaikan, Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Timur terus mendukung seluruh program Pemerintah Provinsi Jambi dalam mewujudkan kedaulatan pangan dan swasembada pangan bagi Provinsi Jambi. "Terima kasih juga saya ucapkan kepada Pemerintah Provinsi Jambi yang selama ini memberikan dukungan dan bantuan kepada Kabupaten Tanjung Jabung Timur," ucap Romi.

Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Peternakan Provinsi Jambi, Ir.Akhmad Maushul menyampaikan, panen padi ini menghasilkan 7,6 ton gabah kering per hektarnya dan merupakan capaian paling tinggi yang dialami oleh Desa Simpang Datuk. Benih yang dihasilkan dari kegiatan penakaran ini diperkirakan mencapai 660 ton benih padi. "Saya berharap, kegiatan ini dapat membantu kebutuhan benih di Provinsi Jambi dan akan tanam pada periode musim tanam bulan April dan September tahun ini," harap Maushul.

Selanjutnya Maushul mengatakan, pola korporasi ini juga dikembangkan di setiap kabupaten sentra benih di Provinsi Jambi, sehingga nantinya benih yang akan ditanam oleh masyarakat adalah benih yang berasal dari Provinsi Jambi dan mewujudkan Provinsi Jambi yang mandiri benih, serta bisa ikut memberikan pasokan benih ke provinsi tetangga. (Richi/edit: Mustar, foto: Novriansah dan Adi Putra, video: Said Usman/Humas Pemprov Jambi).

 

KOMENTAR DISQUS :

Top