Selasa, 13 November 2018 |
Ekonomi

Pemutihan Pajak di Tanjabtim Capai Rp 1 Milyar Lebih

Selasa, 06 Maret 2018 18:36:32 wib
Ilustrasi

JAMBIDAILY MUARASABAK - Kantor Bersama Samsat Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim), saat ini lagi gencar mensosialisasikan pemutihan pajak kendaraan kepada masyarakat hingga bulan Juni mendatang. Kepala Kantor Bersama Samsat Kabupaten Tanjabtim, Asnawi menjelaskan. pemutihan pajak kendaraan sudah dilakukan sejak tanggal 18 Januari 2018 sampai dengan tanggal 4 Maret 2018, dari 1482 unit kendaraan roda dua dan 49 unit kendaraan roda empat.

"Total keseluruhan kendaraan sudah mencapai 1.531 kendaraan dengan total uang masuk sebanyak Rp.1.002.033.900," katanya Selasa (6/3) kemarin. 

Asnawi mengatakan, dibulan tiga di tanggal 5-6 Maret, Samsat Tanjabtim juga sudah mengumpulkan pemutihan pajak. Pemutihan ini terbilang banyak, namun target itu belum maksimal yang ditentukan oleh Samsat.

"Untuk tanggal 5 Maret 2018 uang masuk pemutihan pajak sebanyak Rp.24.395.800, sedangkan di tanggal 6 Maret uang pajak masuk Rp.1.026.700," ungkapnya.

Lebih lanjut dikatakan Asnawi, untuk target uang dikumpulkan Samsat se Provinsi Jambi sebanyak Rp 90 milyar. Sedangkan untuk pembagian wilayah Tanjabtim sendiri, uang pemutihan pajak kendaraan yang harus dikumpulkan Samsat Tanjabtim sebanyak Rp 19 milyar. Target ini sambung Asnawi, memang cukup banyak, sehingga pihaknya harus turun langsung ke lapangan menjemput bola di tiap kecamatan.

"Tentunya kita harus turun langsung ke lapangan guna mensosialisasikan pemutihan pajak ini di tiap kecamatan. Karena banyak juga masyarakat tidak tau atas pemutihan pajak. Selain itu, meski masyarakat tau, jarak tempuh ke Samsat Kecamatan Muarasabak Barat cukup jauh seperti kecamatan lainnya," jelasnya.

Asnawi menjelaskan, meski jarak tempuh jauh, Samsat tanjabtim sudah memprogramkan Samsat Keliling di tiap kecamatan. Karena sebelumnya Samsat sudah ketemu dengan para Camat, Kepala Desa dan Lurah setempat.

"Masyarakat juga bisa koordinaai dengan Camat dan Kepala Desa, nantinya akan ada Samsat Keliling di tiap kecamatan," imbuhnya.

Asnawi menghimbau kepada seluruh masyarakat Tanjabtim agar segera melakukan pemutihan pajak kendaraan di Samsat yang terletak di Kelurahan Nibung putih Kecamatan Muarasabak Barat. Pemutihan pajak ini sangatlah mudah asal ikut prosedur. 

"Mati pajak ataupun mati plat bayarnya 2 tahun dengan artian bayar pajak satu tahun yang lalu dan satu tahun kedepan. Meskipun mati pajaknya 10 tahun, namun tetap bayar 2 tahun," paparnya.

Sementara itu, target kedepan Kantor Bersama Samsat Tanjabtim akan mensosialisasikan pemutihan pajak kendaraan ke Kecamatan Sadu dan Berbak. "Ya, target kita 2 Kecamatan, yakni Sadu dan Berbak. Semoga masyarakat nantinya banyak yang melakukan pemutihan pajak," tukasnya.(*)


Penulis: Hendri R

KOMENTAR DISQUS :

Top