Rabu, 22 November 2017 |
Peristiwa

Pencuri Kabel Listrik, Awas Kesetrum Lho...

Selasa, 06 Oktober 2015 00:18:42 wib
ilustrasi korban kena setrum listrik (ft:google.co.id)

JAMBIDAILY MUARASABAK-Mengantisipasi pencurian kabel jaringan listrik, kedepan Dinas ESDM akan berkoordinasi dengan PLN untuk mengaliri aliran listrik ketika kabel jaringan telah terpasang.

Hal ini disampaikan, Kadis ESDM Tanjabtim, Yan Rizal, ketika dikonfirmasi maraknya pencurian kabel jaringan listrik.  Menurutnya, kalau itu terjadi, biasanya kabel yang telah terpasang tidak segera dialiri listrik.

"Kalau kabel dicuri yang dirugikan bukan saja masyarakat, tapi kami juga dirugikan, karena harus menyediakan kabel baru,"jelasnya.

Hanya saja, untuk mengaliri listrik, pihaknya meminta para konraktor jaringan dapat memasang kabel yang sesuai dengan kualitas yang dipersyaratkan PLN.

"Kalau kabel masih belum standar PLN, maka PLN tidak akan mau memasukan listrik kejaringan yang kami bangun. Dan kondisi tersebut juga dapat membahayakan dari ancaman kebakaran saat disambungkan ke rumah-rumah warga," paparnya.

Untuk diketahui, sekira pukul 02.00 dini hari, Selasa (29/09) lalu, 2 pemuda dihakimi massa karena kedua pemuda ini berusaha melakukan pencurian kabel gardu listrik PLN di SK 6 Jalan Jogja dan SK 10 PC 1 Desa Rantau Makmur Kecamatan Berbak.

Kapolres Tanjabtim, AKBP Bramono Purnomo Nugroho SIK, melalui Kapolsek Berbak, IPTU Nurkholik, mengungkapkan, kedua pelaku yang berhasil diamankan adalah Joko Prianto (19) warga Desa Telago Limo Kecamatan Berbak dan Andi Kurnianto bin Sunardi (19) warga SK 3 Desa Telago Limo Kecamatan Berbak.

"Sebenarnya ada 3 tersangka pencurian atas nama WY (inisial, red) warga Desa Telago Limo Kecamatan Berbak. Tapi satu tersangka ini berhasil melarikan diri. Saat akan ditangkap, tersangka ini sedang memanjat gardu dan buru-buru turun lalu melarikan diri,"pungkasnya.(jambidaily.com/FNI)

KOMENTAR DISQUS :

Top