Kamis, 16 Agustus 2018 |
Kesehatan & Olahraga

Pengaruh Baik dan Buruk Olahraga Terhadap Kesehatan Kulit

Kamis, 25 Januari 2018 04:37:46 wib
Pengaruh buruk/Copyright Shutterstock

JAMBIDAILY OLAHRAGA - Sudah bukan rahasia lagi kalau olahraga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Lebih dari itu, olahraga juga memiliki pengaruh bagi kulit wajah kamu. Tak heran sih, jenis olahraga apapun akan selalu melibatkan organ tubuh terbesar yang dimiliki manusia ini. Dampak yang ditimbulkan pun beragam, ada yang bersifat positif, ada juga yang bersifat negatif. Lalu, apa saja sih pengaruh olahraga terhadap kesehatan kulit?

The Good

  1. Anti Aging. Rahasia kulit yang sehat dan awet muda ternyata tidak hanya terletak pada produk perawatan kulit yang kamu gunakan saja. Ada sebuah studi yang membuktikan bahwa seseorang yang berolahraga setidaknya 3 jam tiap minggunya, memiliki kulit yang lebih muda jika dibandingkan dengan seseorang berolahraga kurang dari 1 jam tiap minggunya. Berolahraga dapat meningkatkan kadar IL-15, sebuah substansi yang berfungsi memperbaiki jaringan kulit.
  2. Membuat Kulit Sehat Berkilau. Saat berolahraga, aliran darah pada tubuh dan kulit menjadi lebih cepat. Dengan meningkatnya kecepatan aliran darah, penyebaran oksigen dalam tubuh pun menjadi lebih cepat. Hal ini memberikan kamu tampilan kulit yang lebih sehat dan berkilau. Selain itu, keringat yang dihasilkan saat berolahraga akan membawa kotoran dan minyak yang terjebak dalam pori-pori.
  3. Mengurangi Eksim dan Psoriasis. Eksim dan psoriasis merupakan penyakit kulit yang dapat menjadi parah akibat inflamasi atau pun stres. Kedua faktor tersebut dapat dikurangi dengan cara berolahraga. Selain dapat meningkatkan sistem imun, olahraga juga dapat membantu meredakan inflamasi pada tubuh. Olahraga juga merupakan salah satu ‘obat’ stres yang paling ampuh.

The Bad

  1. Dapat Menyebabkan Breakout. Keringat yang mengering akan membuat kotoran lebih mudah melekat pada kulit. Apalagi jika olahraga dilakukan di luar ruangan. Ingat untuk selalu menggunakan handuk bersih saat menyeka keringat. Setelah selesai berolahraga dan melakukan pendinginan, segera mandi dan mencuci wajah untuk mencegah terjadinya pori-pori tersumbat dan jerawat.
  2. Meningkatkan Risiko Kulit Terbakar. Salah satu kesalahan terbesar yang dilakukan seseorang saat berolahraga adalah tidak menggunakan sunscreen. Saat beraktivitas di dalam ruangan saja kamu tetap membutuhkan perlindungan dari sunscreen, apalagi jika sedang berolahraga di luar ruangan kan? Selain menyebabkan kulit terbakar, sinar matahari juga dapat menyebabkan kerutan, rusaknya kolagen, bintik hitam, hingga kanker kulit. Maka dari itu, pastikan untuk selalu melindungi kulit menggunakan sunscreen, ya!
  3. Kulit Lecet dan Iritasi. Saat kamu berkeringat, gesekan yang terjadi antara kulit tubuh dengan kulit lainnya atau pakaian yang kamu kenakan akan menjadi lebih besar. Akibatnya, kulit menjadi mudah lecet hingga mengalami iritasi dan pendarahan. Hal ini umumnya terjadi pada area bra, bagian dalam paha, hingga bagian ketiak. Pastikan untuk menggunakan pakaian yang pas dengan tubuh dan pilih material yang mampu menyerap keringat dengan baik.

 

(vem/sociolla/apl)/vemale.com

KOMENTAR DISQUS :

Top