Selasa, 11 Desember 2018 |
Ekonomi

Pengurusan Izin Usaha Menurun, Ini Kata BPMMPT Kota Jambi

Jumat, 12 Agustus 2016 10:40:57 wib
Ilustrasi (google.co.id)

JAMBIDAILY EKONOMI-Berdasarkan catatan dari Badan Penanaman Modal & Pelayanan Perizinan Terpadu (BPMMPT) Kota Jambi terjadi penurunan izin usaha.

"Penurunan ini terlihat dari data 2014 hingga 2016 mengalami penurunan. Tercatat pada 2014 sebanyak 17 ribu izin usaha baru yang mendaftar. Pada 2015 jumlah tersebut menurun menjadi hanya 15 ribu,"papar Sekretaris BPMMPT Kota Jambi, Muhtar kepada jambidaily.com, Kamis 12 Agustus 2016.

Hanya saja untuk perbandingan antara 2015 dan 2016, Dia belum dapat memprediksi karena masih ada waktu hingga triwulan IV pada akhir 2016 mendatang.

"Data 2016, Keseluruhannya belum diketahui secara pasti,"jelasnya.

Dia menilai, menurunnya pengurusan perizinan usaha ini karena pengaruh lesunya perekonomian secara global.

"Ini karena penurunan ekonomi global saat ini,"ungkap Muhtar.

Dari catatan BPMMPT selama ini, terjadi trend penurunan pengurusan izin pada bulan Ramadhan. Setiap memasuki bulan puasa, izin yang diajukan hanya sebanyak 20 hingga 30 izin dalam sehari dari rata-rata 40 hingga 60 izin pada bulan-bulan lainnya.

"Kalau bulan puasa orang banyak lebih memikirkan persiapan lebaran seperti pemberian THR dan lebih kepada memenuhi kebutuhan sehari hari menjelang lebaran,"tuturnya.

Secara umum, perizinan baru yang diajukan setiap tahunnya sebanyak 15 ribu. Sedangkan registrasi ulang usaha sebanyak 12 ribu pertahun.

"Sehingga rata rata perizinan secara ke seluruhan setiap tahunnya sebanyak 27 ribu."

Untuk memberi pelayanan kepada para pengusaha di Kota Jambi, Pemkot akan memberikan kemudahan untuk pengajuan perizinan usaha secara online.

Selain itu, Bila hanya mengurus izin usaha bangunan yang berukuruan 75 meter (UMKM), pengurusan perizinan juga bisa dilakukan hanya melalui kantor camat saja.

"Ini baru akan diberlakukan pada akhir 2016 nanti,"pungkasnya.(MCH)


Editor  : Hery FR

KOMENTAR DISQUS :

Top