Jumat, 23 Februari 2018 |
Nasional

Penjabat Gubernur Jambi dilantik, Ini Kata HBA

Rabu, 05 Agustus 2015 19:45:21 wib
Gubernur Jambi dan Wakil Gubernur Periode 2010-2015, H Hasan Basri Agus (HBA) dan H Fachrori Umar (copyright humas Pemprov)

JAMBIDAILY PERISTIWA- Menteri Dalam Negeri RI Tjahyo Kumolo atas nama Presiden Republik Indonesia melantik sebagai Penjabat Gubernur Jambi Dr.Ir.Irman M.Si. Staf Ahli Bidang Aparatur dan Pelayanan Publik Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia di Gedung Kementerian Dalam Negeri pada Rabu (5/8) di Jakarta.

Pelantikan yang diikuti penandatanganan pakta integritas oleh Penjabat Gubernur Jambi dan serah terima jabatan dari Gubernur Jambi Hasan Basri Agus kepada Penjabat Gubernur Jambi Dr.Irman yang disertai penyerahan buku Laporan pertanggungjawaban.

Gubernur Jambi periode 2010-2015, dalam sambutannya melaporkan kepada Presiden melalui Mendagri bahwa Beliau telah menyelesaikan segala sesuatu yang berkaitan dengan tugas-tugas  Gubernur dan telah mempersiapkan KUA PPAS 2016 yang telah disetujui oleh DPRD Provinsi Jambi.

Selain itu H. Hasan Basri menyampaikan bahwa selama menjabat sebagai Gubernur Jambi bersama wakil Gubernur Fachrori Umar telah berupaya maksimal untuk menyejahterakan masyarakat jambi dengan berbagai program unggulan yang telah dilaksanakan antara lain program samisake dan pembangunan infrastuktur berupa jalan untuk daerah terpencil.

"Kami menyadari mungkin masih banyak ketidakpuasan atau kekurangan disana sini utamanya dikarenakan anggaran yang ada memang terbatas, untuk itu mohon dimaklumi dan dimaafkan"tutur H.Hasan Basri.

H.Hasan Basri juga mengucapkan selamat datang kepada Penjabat Gubernur Jambi DR.Ir.Irman, M.Si. beserta istri di Jambi dan yakin bahwa dibawah kepemimpinan DR.Irman roda pemerintahan provinsi jambi akan berjalan dengan baik.

Dalam sambutannya Menteri Dalam Negeri Tjahyo Kumolo mengingatkan agar Penjabat Gubernur Jambi. Dr.Irman untuk segera berkoordinasi dengan Kepolisian dan Korem yang berada di Jambi serta instansi terkait untuk menyelenggarakan pilkada dengan sukses.

Selain itu Mendagri Tjahyo Kumolo juga mengingatkan agar Penjabat Gubernur  mengorganisir seluruh PNS di Provinsi Jambi agar bersikap netral serta berpesan agar Penjabat Gubernur Jambi bersama Sekretaris Daerah Jambi mengoptimalkan penyerapan anggaran yang harus dilaksanakan dengan baik karena terkait pertumbuhan ekonomi di daerah, dan mengoptimalkan bantuan-bantuan sosial untk masyarakat Jambi.

"Penjabat Gubernur Jambi harus waspada terhadap kelangkaaan bahan pokok dan bencana alam serta mencermati pertumbuhan dan pergerakan ekonomi nasional, regional dan global" ungkap Mendagri Tjahyo Kumolo

Selanjutnya Mendagri berpesan agar Penjabat Gubernur Jambi melanjutkan program-program yang perlu diteruskan yang telah terukur dan terarah dan hasilnya telah dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, hilangkan kegiatan yang bersifat rutinitas dan perlunya sinergi antara pemerintah pusat dengan pemerintah daerah" tegas Mendagri.

Mendagri mengharapkan adanya terobosan baru dalam setiap kegiatan yang dikoordinasikan dengan DPRD dan Forkopimda, dimana kuncinya adalah pelayanan kepada masyarakat.
Mendagri juga menekankan pada proses Perijinan yang harus disederhanakan, efektif dan efisien dan fokus pada kegiatan yang langsung bermanfaat bagi masyarakat.

"Penjabat Gubernur harus berkoordinasi dan bekerjasama dengan Forkopimda, DPRD, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat" ungkap Mendagri

Mendagri Tjahyo Kumolo juga mnyampaikan rasa terimakasih kepada Gubernur dan Wakil Gubernur  Jambi periode 2010-2015 Bapak Hasan Basri Agus dan Bapak Fachrori  Umar atas darma baktinya kepada masyarakat Jambi serta rasa terimakasih mendalam kepada ibu Yusniana Hasan Basri dan Ibu Rahima Fachrori yang juga telah memberikan darma bakti kepada masyarakat jambi melalui kegiatan PKK dan kegiatan lainnya serta telah mendukung dan mendorong tugas Gubernur dan Wakil Gubernur Jambi selama ini sehingga dapat menjalankan tugas dengan amanah.

Mendagri Tjahyo Kumolo juga mengucapkan selamat bertugas kepada Penjabat Gubernur Jambi DR.Ir.Irman,M.Si beserta istri.

Acara pelantikan penjabat Gubernur kemudian dilanjutkan dengan serah terima memori PKK dari Hj.Yusniana Hasan Basri kepada ibu Irman ditandai dengan penandatanganan memori PKK. dan diakhiri dengan pemberian selamat kepada Penjabat Gubernur Jambi beserta istri dan Bapak Hasan Basri Agus beserta istri serta Bapak Fachrori Umar beserta Istri.

Tampak hadir dalam acara pelantikan tersebut anggota DPD RI dari Jambi, Ketua BPK RI Rizal Djalil,  Hj.Yusniana Hasan Basri, Wakil Gubernur Fachrori Umar beserta istri Pejabat eselon I Depdagri. Ketua DPRD Provinsi Jambi Cornelis Buston dan Wakil Ketua DPRD Provinsi Jambi Edi Purwanto, Forkopimda Provinsi Jambi, Sekda Provinsi Jambi, serta beberapa Bupati dan Walikota di Provinsi Jambi.(jambidaily.com/HMS/SAR)

KOMENTAR DISQUS :

Top