Kamis, 20 Februari 2020 |
Kesehatan & Olahraga

Peran IBI Kurangi Angka Kematian Ibu dan Anak

Kamis, 22 September 2016 07:50:12 wib
Bupati Merangin H Al Haris hadiri Muscab IBI ke-IV

JAMBIDAILY KESEHATAN-Peran Ikatan Bidan Indonesia (IBI), diharapkan mampu mengurangi angka kematian Ibu dan Anak.

"Tangan kanan bidan itu merupakan perpanjangan tangan Tuhan. Sebab sudah berapa banyak bayi dilahirkan dengan selamat lewat tangan para bidan tersebut,"ingat Bupati Merangin H Al Haris betapa pentingnya peran bidan, saat membuka Musyawarah Cabang (Muscab) ke-4/2016, Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Kabupaten Merangin, Rabu 21 September 2016, di  Aula Utama Kantor Bupati Merangin.

Melalui keahlian para bidan, khususnya bidan-bidan desa, angka kematian ibu dan anak dapat ditekan.

Bupati mengaku tidak bisa membayangkan, bila di suatu desa tidak ada bidan. Tentu proses kelahiran bayi akan menjadi kendala, sehingga jumlah angka kematian ibu dan bayi terus meningkat.

"Pada hari ulang tahun IBI nanti, tolong ingatkan saya. Pada hari itu saya akan memberikan "reward" kepada para bidan berprestasi, terutama bidan yang bertugas di daerah-daerah terpencil,’’terang Bupati.

Bupati meng-apresiasi atas dedikasi para bidan.  Dengan beban kerja yang cukup berat dan minimnya tunjangan yang hanya Rp 800 ribu untuk bidan desa dan Rp 650 ribu untuk bidan kota.

"Insya'allah, tahun 2017 mendatang, tunjangan para bidan ini kita naikan,’’janji Bupati.

Hanya saja, besar dan kecilnya kenaikan tunjangan tersebut, akan ditentukan dengan kemampuan keuangan daerah.

"Saya juga akan segera memberikan SK kepada para mahasiswa kebidanan beasiswa Pemkab Merangin yang telah merampungkan studinya,"pungkasnya.

Turut hadir, Ketua TP PKK Merangin Hj Hesti Haris, Kepala Dinas Kesehatan Merangin, dr Solahudin dan Direktur Rumah Sakit Daerah Kol Abundjani Bangko serta beberapa undangan penting lainnya.(*)

Penulis    : Teguh HMS
Editor     :  Hery FR

KOMENTAR DISQUS :

Top