Minggu, 24 September 2017 |
Ekonomi

Percepat Pencairan Dana Desa, Ini Langkah BPMPDK Tanjabtim

Selasa, 06 Oktober 2015 09:32:41 wib
ilustrasi dana desa (google.co.id)

JAMBIDAILY EKONOMI-Hingga saat ini pencairan dana desa tahap II baru terealisasi Rp 8 Milyar untuk 35 desa dari 73 desa penerima pada tahap II. 

“Kita pacu terus, karena setiap desa sudah kita surati agar cepat dicairkan. Kita sudah surati ke desa-desa agar segera mencairkan dananya,”papar Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat, Pemerintahan Desa dan Keluharan (BPMPDK) Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim), Junaidi Rahmad kepada media, kemarin.

Dijelaskannya, Pencairan anggaran desa lebih dipermudah karena tidak perlu lagi menyiapkan SPJ.

”cukup SPJ fungsional itu sudah bisa dicairkan, Apabila pekerjaan sudah selesai tentu pertanggungjawabannya sudah lengkap,”jelasnya.

Sedangkan perbedaan untuk alokasi dana desa (ADD), diprioritas untuk memajukan fisik, infrastruktur dan untuk pengembangan ekonomi desa diperbolehkan diproritas kedua.

Meskipun di Tanjabtim banyak masa jabatan kepala desa yang kosong atau dijabat oleh pejabat sementara tidak mempengaruhi pelaksanaan dana desa.

“Dikarenakan kepala desa definitif terakhir dan kepala desa baru belum terbentuk atau belum terpilih ada mekanismenya, yaitu diisi oleh pejabat sementara dan ini tidak berpengaruh pembangunan desa, karena sudah direncanakan dari awal melalui proses BPMdes, Musrembangdes dan sampai penetapan ke APBDes,”pungkasnya.(jambidaily.com/FNI)

KOMENTAR DISQUS :

Top