Senin, 21 Oktober 2019 |
Pendidikan & Teknologi

Peringati Hari Statistik Nasional 2019 dan Menuju Sensus 2020, BPS Provinsi Jambi Ngopi Bersama Media

Kamis, 19 September 2019 13:27:12 wib

JAMBIDAILY TEKNOLOGI - Dalam rangka memperingati hari statistik nasional yang jatuh pada tanggal 26 September 2019 dan menuju sensus penduduk 2020 Badan Statistik Nasional (BPS) provinsi Jambi gelar 'Ngopi' Ngobrol Bareng Pimpinan BPS dan Media, di Cafe SP2020 Kawasan perkantoran pemprov Jambi, Telanaipura Kota Jambi (Kamis, 19/09/2019).

Pertemuan tersebut diisi dengan pemaparan sensus penduduk kali ini, yaitu menggunakan sistem Combined Methode.

"Sensus penduduk Indonesia tahun 2020 merupakan sensus penduduk ke 7 setelah kemerdekaan dan tahun 2020 merupakan sensus penduduk pertama yang menggunakan combined methode data di Dukcapil," Terang Dadang Hardiwan, Kepala BPS Provinsi Jambi.

Untuk penduduk yang telah disensus secara digital, menurutnya tidak perlu melakukan sensus wawancara secara manual.

"Data di Dukcapil jadi premis untuk melaksanakan pemutakhiran. Data kelahiran, kematian dan perkawinan harus tercatat. Data kependudukan yang ada di Dukcapil harus menjadi suatu kesatuan dengan Combined Methode ini," kata dia.

Namun untuk provinsi Jambi, dari 11 Kabupaten dan Kota, khusus Kabupaten Merangin, Tebo dan Tanjung Jabung Barat, masih menggunakan secara manual.

Seusai pemaparan dan sesi tanya jawab kepada awak media yang turut hadir, agar turut mensukseskan dan mendukung sensus penduduk pada tahun 2020, media cetak, elektronik dan media daring melakukan penandatanganan surat dukungan, disaksikan oleh unsur pimpinan BPS Provinsi Jambi.

(Hendry Noesae)

KOMENTAR DISQUS :

Top