Jumat, 28 Februari 2020 |
Kesehatan & Olahraga

Peringati Hari Ulang Tahun Ke-67, Satgas Pamtas Yonif R 142/KJ Gelar Donor Bersama Masyarakat

Jumat, 17 Januari 2020 12:49:59 wib

JAMBIDAILY KESEHATAN - Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke-67, Satgas Pamtas RI-RDTL sektor timur Yonif Raider 142/KJ pada tanggal 16 Januari 2020, personel Satgas Pamtas Yonif Raider 142/KJ mengadakan rangkaian kegiatan berupa kegiatan Donor Darah di Markas Komando Satgas Pamtas RI-RDTL sektor timur Yonif R 142/KJ yang terletak di Jln. Meo Otu Hole Kelurahan Umanen Kecamatan Atambua Barat Kabupaten Belu NTT, Jmu'at (17/1/2020).

Kegiatan Donor Darah bersama warga masyarakat yang dilaksanakan di Mako Satgas Pamtas RI-RDTL sektor timur Yonif R 142/KJ, dipimpin langsung oleh Letnan Kolonel Inf Ikhsanudin, S.Sos.,M.M yang merupakan Komandan Satgas Pamtas RI-RDTL sektor timur Yonif Raider 142/KJ.

Kegiatan Donor Darah di laksanakan di ruang yudha Mako Satgas Pamtas RI-RDTL sektor timur Yonif R 142/KJ dan merupakan agenda rangkaian peringatan HUT ke-67 Batalion Infantri Raider 142/Kesatria Jaya yang diikuti oleh Perwira, Bintara dan Tamtama Satgas Pamtas Yonif Raider 142/KJ bersama warga masyarakat.

"Kegiatan Donor Darah kami laksanakan melalui beberapa tahap antara lain yaitu tahap pendataan dan pengecekan pendonor, tahap pemeriksaan tensi dan Hb darah pendonor, tahap pelaksanaan pengambilan darah pendonor, serta tahap akhir yaitu tahap pemulihan dengan memberikan bubur kacang hijau, telur rebus dan vitamin kepada pendonor," ungkap Letkol Inf Ikhsanudin, S.Sos.,M.M selaku Dansatgas.

"Kegiatan pengambilan darah pendonor sendiri dilakukan oleh personel Palang Merah Indonesia Kabupaten Belu yang berjumlah 8 orang dan sengaja kita datangkan untuk membantu mendukung kegiatan donor darah ini," ucapnya.

"Kami telah mempersiapkan personel sebanyak 150 orang dalam kegiatan donor darah ini, akan tetapi karena padatnya kegiatan seperti renungan suci semalam sehingga berpengaruh pada kondisi fisik personel kami, dan sebagian personel juga harus melaksanakan tugas pada acara Coffe Morning bersama Forkopinda pada waktu yang sama," terangnya.

"Sehingga kami terima data dari petugas Palang Merah Indonesia Kabupaten Belu yaitu sebanyak 64 pendonor yang memenuhi syarat dan seluruhnya telah dilakukan pengambilan darah," tegasnya.

"Tidak hanya di Mako Satgas Pamtas Yonif R 142/KJ, terapi pelaksanaan Donor Darah juga dilaksanakan oleh seluruh personel kami yang berada di pos-pos sepanjang garis perbatasan sektor timur RI-RDTL," paparnya.

Tujuan diselenggarakan kegiatan ini antara lain adalah dari sisi kemanusiaan dan manfaat, kami ngin kehadiran kami di Nusa Tenggara Timur dapat bermanfaat dan membantu beban kesulitan saudara-saudara kita yang ada disini, khususnya dari sisi kesulitan mendapatkan kebituhan darah," imbuh Letkol Inf Ikhsanudin.

"Kami menyadari bahwa, setetes darah kami adalah nyawa bagi saudara-saudara kita yang membutuhkan di wilayah Nusa Tenggara Timur," imbuh Dansatgas lebih lanjut.

Ditempat yang sama, Bapak Poly (53) selaku Kepala Radio Republik Indonesi (RRI) Kabupaten Belu sekaligus pendonor dalam kegiatan ini menyampaikan apresiasi atas kegiatan kemanusiaan yang digelar Satgas Pamtas Yonif R 142/KJ.

"Kami merasa bangga dengan TNI khususnya Satgas Pamtas Yonif R 142/KJ, mereka tidak hanya menjaga keamanan wilayah perbatasan RI-RDTL, tetapi mereka juga mendukung program pembangunan pemerintah Pusat dan Daerah, membantu kesulitan warga masyarakat perbatasan dalam segala bidang hingga melaksanakan kegiatan Donor Darah," ucapnya.

"Kami juga mengucapkan Selamat Ulang Tahun untuk Satgas Pamtas Yonif Raider 142/KJ, semoga dengan umur yang mencapai 67 tahun ini, Satuan Yonif R 142/KJ selalu diberikan kesehatan, keselamatan dan keberhasilan oleh Tuhan YME," tambahnya.

Sementara itu, Bapak Ino (48) selaku petugas Palang Merah Indonesia Kabupaten Belu menyampaikan ucapan terima kasih atas partisipasi yang telah diberikan oleh Satgas Pamtas Yonif R 142/KJ dibidang sosial kemanusiaan bagi masyarakat Belu di Hari Ulang Tahunnya.

"Kami mengucapkan terima kasih banyak kepada Satgas Pamtas Yonif R 142/KJ atas kegiatan Donor Darah ini, amanah dan kepercayaan yang diberikan kepada kami akan kami sampaikan kepada penerima Donor Darah," ungkapnya

"Kami juga mengucapkan Selamat Ulang Tahun ke-67 kepada Satgas Pamtas Yonif Raider 142/KJ, semoga Tuhan YME selalu memberikan kesehatan dan keselamatan satuan ini dalam menjalankan tugas Negara," tutup Bapak Ino. (Penremgapu)

KOMENTAR DISQUS :

Top