Senin, 10 Desember 2018 |
Politik

Peringati Idul Adha 1436 H, Ini Harapan PJ Gubernur Jambi

Kamis, 24 September 2015 09:39:33 wib
Kabut asap warnai pelaksanaan shalat Idul Adha di lapangan kantor Walikota Jambi (foto:kilas Jambi.com)

JAMBIDAILY POLITIK-Penjabat (Pj) Gubernur Jambi, Dr.Ir.H.Irman,M.Si berharap agar jemaah yang menunaikan ibadah haji bisa menjadi haji mabrur. Harapan tersebut dikemukakan oleh Irman dalam Peringatan Idul Adha 1436 H, bertempat di Masjid Agung Al-Falah, Kota Jambi, Kamis (24/09) pagi.

Irman menyatakan, semangat masyarakat untuk menunaikan ibadah haji sebagai rukun Islam yang kelima sangat tinggi. Irman mengatakan, tahun ini 168.000 orang kaum muslimin dan muslimah Indonesia yang sedang menunaikan ibadah haji, dan dari jumlah tersebut, 2.218 orang jemaah dari Provinsi Jambi.

Irman mengungkapkan, saking tingginya semangat masyarakat untuk menunaikan ibadah haji, kedepan, baru bisa 20 tahun setelah mendaftar berangkat untuk menunaikan ibadah haji.

Irman menghimbau masyarakat untuk mendoakan para kaum muslimin dan muslimah yang sedang menunaikan ibadah haji agar bisa menunaikan ibadah haji dengan baik.

Irman juga mengatakan turut berbelasungkawa atas rubuhnya crane dan terbakarnya hotel tempat menginap jemaah di Tanah Suci, yang menyebabkan beberapa jemaah meninggal dunia dan luka-luka, termasuk juga jemaah dari Indonesia.

Dikatakan oleh Irman, dalam peringatan Idul Adha ini, masyarakat dianjurkan untuk melakukan sholat sunnah 2 rakaat dan menyembelih hewan kurban bagi yang mampu.

Selanjutnya, berkaitan dengan pemberian hewan kurban, Irman mengajak seluruh kaum muslimin dan muslimah Provinsi Jambi untuk meneladani ketaqwaan Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail.

Selain itu, Irman menyatakan bahwa Presiden Republik Indonesia, H.Joko Widodo (Jokowi) juga memberikan bantuan hewan kurban berupa sapi dengan bobot hidup 750 Kg. Dan, dirinya selaku Penjabat Gubernur Jambi memberikan hewan kurban berupa sapi dengan bobot hidup 400 Kg.

Sehubungan dengan akan diselenggarakannya Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak pada tanggal 9 Desember 2015, yang mana di Provinsi Jambi akan dilaksanakan pemilihan kepala daerah dan wakil kepala daerah Provinsi Jambi, Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Tanjung Jabung Timur, Batanghari, Bungo, dan Kota Sungai Penuh, Irman menghimbau masyarakat untuk turut mensukseskan Pilkada serentak tersebut.

Setelah itu, Irman menghimbau masyarakat untuk sama-sama berdoa memohon agar hujan turun, sebagai solusi terbaik untuk mengatasi kemarau panjang dan kabut asap di Provinsi Jambi

Irman mengemukakan bahwa Pemerintah Provinsi Jambi dan seluruh jajaran terkait telah berusaha maksimal untuk memadamkan api dari kebakaran lahan dan hutan untuk menghilangkan kabut asap. "Namun, yang paling efektif adalah turunnya hujan," ujar Irman.

Setelah melaksanakan sholat bersama, ustadz Hasbullah memberikan tausiah.

Usai tausiah, Pj. Gubernur didampingi oleh Ketua DPRD Provinsi Jambi dan Sekda Provinsi Jambi meninjau hewan sapi kurban di samping Masjid Al-Falah.

Turut hadir dalam acara tersebut, Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Jambi, Hj.Aslinah Irman; Ketua DPRD Provinsi Jambi, H.Cornelis Buston; Sekretaris Daerah Provinsi Jambi, H.Ridham Priskap,SH,MH,MM beserta istri, Hj.Lovia Trisna Ridham, beberapa orang pejabat Pemerintah Provinsi Jambi, serta para undangan lainnya. (jambidaily.com/HMS/MUS)

KOMENTAR DISQUS :

Top