Selasa, 17 September 2019 |
Kesehatan & Olahraga

Perkemi Jambi Bikin Gebrakan dan Ditunjuk Menjadi Tuan Rumah Gasnawil II Sumatera

Minggu, 25 Oktober 2015 22:13:19 wib
Rapat Gasnawil II - Pengprov Perkemi Jambi

JAMBIDAILY OLAHRAGA-Baru dua bulan terbentuknya pengurus baru, Pengprov Persatuan Kempo Indonesia (Perkemi) Jambi periode 2015 - 2019 langsung membuat gebrakan. Dijadwalkan Desember 2015, Pengprov Perkemi Jambi menggelar Gashuku Nasional Wilayah (Gasnaswil) II Sumatera, di Kota Jambi.

Keseriusan menggelar even nasional itu dibuktikan dengan digelarnya Rapat Persaudaraan Provinsi (Raperprov) Perkemi Jambi, di aula Bappeda Provinsi Jambi, Sabtu sore (24/10/2015).

Rapat dihadiri oleh para pengurus cabor kempo di provinsi maupun kabupaten dan kota se-Provinsi Jambi.

Jambi menjadi tuan rumah Gasnaswil II Sumatera bukan lantaran meminta. Pengprov Perkemi Jambi ditunjuk menjadi penyelenggara berdasarkan keputusan Rapernas PB Perkemi, di Jakarta, belum lama ini. Ditawari menjadi tuan rumah, Pengprov Perkemi Jambi langsung menyatakan kesiapannya.

“Ditunjuk menjadi tuan rumah Gasnaswil II Sumatera, kita siap. Jika even ini sukses, kita berencana menggelar kejuaraan nasional kempo se-Indonesia di Jambi. Gasnaswil ini tolok ukurnya,” kata Ketua Umum Pengprov Perkemi Jambi, Drs. H. Mursyid Sonsang.

Menariknya, untuk melaksanakan Gasnaswil II Sumatera, seluruh pengurus kempo di Jambi meminta Mursyid Sonsang langsung menjadi ketua pelaksana. Ini jarang dilakukan oleh organisasi-organisasi lain. Biasanya ketua panitia diserahkan pada pengurus lain, selain ketua umum.

“Pak Mursyid saja langsung yang pimpin even besar kita ini. Kami yakin bakal sukses,” kata Bendahara Umum Pengprov Perkemi Jambi, Asmurdiana, yang langsung diamini oleh seluruh peserta rapat.

Itulah olahraga kempo. Roh rasa persaudaraannya begitu kuat. Menimbang hal itulah Mursyid tak bisa mengelak lagi. Dia pun menerima kepercayaan itu. Untuk jabatan sekretaris panitia, ditunjuk Hervasuardi S.Pt, mantan atlet kempo nasional yang juga Kabid Organisasi Pengprov Perkemi Jambi.

Gasnaswil II Sumatera rencananya dilaksanakan bersamaan dengan pelantikan Pengprov Perkemi Jambi periode 2015 - 2019. Dalam even ini dilakukan pula penyeragaman teknik kempo sesuai kurikulum Shorinji Kempo. Selain itu juga dilaksanakan ujian kenaikan tingkat kepada para kenshi di daerah Jambi.

“Ada dua hal yang paling penting dalam Gasnaswil II Sumatera ini. Untuk  mempererat tali persaudaraan sesama kenshi, dan menyosialisasikan program kerja Perkemi,” jelas Sekretaris Panpel Gasnaswil II Sumatera, Hervasuardi.

Menurut rencana, Gasnaswil II Sumatera akan dihadiri para kenshi dari lima provinsi, yakni Bengkulu, Sumatera Selatan, Lampung, Bangka Belitung dan Jambi. Mereka akan diinapkan di Asrama Haji, Kotabaru, Kota Jambi. Sementara kegiatannya dilaksanakan di GOR Kotabaru.

Untuk diketahui, Shorinji Kempo merupakan olahraga yang dibentuk oleh So Doshin, di Jepang, guna memberi kepercayaan diri untuk membela diri, kuat fisik dan mental.

Melalui latihan Shorinji Kempo, setiap kenshi akan menjadi manusia tempaan yang siap mengisi hidup dengan kerja dan karya, karena dilatih kedisiplinan dan pengembangan diri serta kepemimpinan dari tingkatan yang disandangnya melalui proses ujian kompetensi untuk menuju tingkatan lebih tinggi.

Dengan perkembangan Shorinji Kempo yang pesat di seluruh dunia, perlu ada penyeragaman teknik, agar tetap terjaga kualitas teknik sesuai standar kurikulum. Selain itu, perlu adanya evaluasi kompetensi bagi kenshi yang telah memenuhi syarat untuk naik tingkat.

Gasnaswil merupakan agenda kerja tahunan PB Perkemi. Pelaksanaannya dikelompokkan berdasarkan wilayah, guna memberi kesempatan pada kesnhi-kenshi di daerah mengikuti kegiatan latihan bersama dan pada saat bersamaan juga dilaksanakan ujian kenaikan tingkat hingga II–DAN.(jambidaily.com/DRM)

KOMENTAR DISQUS :

Top