Sabtu, 20 Oktober 2018 |
Pendidikan & Teknologi

PJ.Sekda Harap Dinas Perpustakaan Dorong Peningkatan Minat Baca Masyarakat

Rabu, 20 September 2017 05:04:12 wib
Photo: Agus/Humas Pemprov Jambi

JAMBIDAILY PENDIDIKAN - Dalam rangka mengembangkan minat dan budaya baca bagi masyarakat, Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Jambi menyelenggarakan Hari Kunjungan Perpustakaan dengan kegiatan Pameran Buku, Penyerahan Hadiah Lomba Perpustakaan Umum Desa/Kelurahan, Perpustakaan SMA/SMK/MA, Pustakawan Berprestasi Terbaik, serta Lomba Bercerita Bagi Siswa SD/MI Tingkat Provinsi Jambi, bertempat di Grand Hotel, Kota Jambi, Selasa (19/09/2017).

Saat membuka acara tersebut, Penjabat Sekretaris (Pj.Sekda) Provinsi Jambi, Drs.H.Erwan Malik,MM berharap agar Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah bisa mendorong peningkatan minat baca masyarakat, guna meningkatkan wawasan dan pemikiran masyarakat.

Pj.Sekda mengatakan, dia sangat mengapresiasi kegiatan tersebut. "Atas nama Pemerintah Provinsi Jambi, saya sangat mengapresiasi dan menyambut baik diselenggarakannya kegiatan ini, diharapkan mampu berkontribusi dalam upaya meningkatkan frekuensi kunjungan masyarakat Jambi sekaligus kecintaan terhadap perpustakaan, khususnya Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Jambi untuk meningkatkan minat membaca bagi masyarakat," ujar Pj.Sekda.

Pj.Sekda mengimbau para orangtua untuk mendorong anak supaya gemar membaca buku." Kita sebagai orang tua harus mendorong anak-anak agar gemar membaca, mencintai membaca serta menanamkan hobi bagi anak untuk membaca," lanjutnya.

Pj.Sekda mengharapkan supaya kegiatan yang dilakukan oleh Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Jambi memicu dan memotivasi masyarakat Jambi untuk memanfaatkan perpustakaan sebagai sumber informasi yang aktual, lengkap, terpercaya, gratis menjadi anggota sekaligus peminjam buku perpustakaan, yang informasinya murni bukan hoax.

"Tujuan diadakan kegiatan ini untuk menarik minat masyarakat memaanfatkan perpustakaan, menumbuhkan motivasi anak untuk membaca dan mengali ilmu pengetahuan," sambung Pj.Sekda.

Pj.Sekda mengemukakan, membangun dan mengembangkan perpustakaan di Indonesia, merupakan tanggung jawab bersama. "Sesuai dengan amant Undang-Undang No.43 tahun 2007 tentang Perpustakaan, PP No.24 tahun 2014 tentang Pelaksanaan UU tentang Perpustakaan yang bertujuan memberikan layanan kepada pemustaka, meningkatkan kegemaran membaca, serta memperluas pengetahuan dan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa," jelas Pj.Sekda.

“Siapa yang menguasai informasi dan teknologi dialah menguasai bumi, artinya barang siapa yang banyak membaca dan belajar itulah yang berhasil, itulah pentingnya membaca," ungkap Pj.Sekda.

Sekda minta buku-buku yang ada di perpustakaan di Provinsi Jambi hendaknya buku-buku terbaru. “Saya minta buku yang ada di perpustakaan hendaknya buku-buku terbaru dan sekali 3 bulan ditambah dan diisi buku baru," 
tambah Pj.Sekda.

Lebih lanjut, Sekda berharap agar Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi beserta Jambi untuk terus berupaya mempromosikan perpustakaan kepada masyarakat demi terwujudnya masyarakat Jambi yang gemar membaca, sehingga dapat berkontribusi bagi terwujudnya jambi TUNTAS 2021. "Dengan membaca, kita bisa menambah wawasan kita, Provinsi Jambi ini banyak orang yang bisa mengangkat akar budaya lokal yang ada," kata Pj.Sekda.

Pada sesi wawancara Sekda menjelaskan, untuk memberikan kenyamanan bagi pengunjung perpustakaan dan peningkatan minat baca bagi masyarakat, Pemerintah Provinsi Jambi berencana memindahkan aktivitas perkantoran perpustakaan dan arasip daerah ke gedung yang lain, melihat minat masyarakat terus bertambah. 
“Sekarang saja sudah mencapai 400 orang per hari, mudah-mudahan tahun depan kita sudah dapat lokasinya,” tutur Pj.Sekda.

Sementara itu, Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Jambi, H.Syamsurizal,SE,M.S menyampaikan, Dinas Perpustakaan dan Arsip Provinsi Jambi terus berperan aktif dan berusaha secara maksimal mempromosikan keberadaan perpustakaan, dengan koleksi yang tersedia di perpustakaan yang salah satunya melalui Pameran Buku.

“Secara bertahap terus berbenah dan tahap awal sarana layanan perpustakaan sudah selesai di renovasi dan didesain semaksimal mungkin sehingga tercipta ruangan aman, nyaman, sejuk, inspiratif agar pengunjung perpustakaan semakin betah dan semangat dalam memanfaatkan sumber informasi yang tersedia di perpustakaan," kata Syamsurizal.

"Pengunjung perpustakaan di Provinsi Jambi setiap harinya lebih kurang 400 orang. Perpustakaan sudah menggunakan layanan otomasi dan digitalisasi perpustakaan, termasuk layanan internet gratis,” jelas Syamsurizal.

Turut serta pada kesempatan tersebut, Kepala OPD terkait lingkup Pemerintah Provinsi Jambi, Kepala Dinas Prpustakaan dan Arsip Daerah se Provinsi Jambi, para pemenang lomba se Provinsi Jambi, serta para undangan lainya. (Sapra Wintani/Mustar/Humas Pemprov Jambi)

KOMENTAR DISQUS :

Top