Minggu, 05 April 2020 |
Peristiwa

PM Jepang Sepakat Kerja Sama dengan Trump dan Putin soal Korea Utara

Senin, 04 September 2017 05:47:04 wib
Foto: REUTERS/Kyodo

JAMBIDAILY INTERNASIONAL - PM Jepang Shinzo Abe mengatakan dirinya dan Presiden Amerika Serikat Donald Trump telah sepakat untuk meminta masyarakat internasional meningkatkan tanggapannya terhadap Korea Utara. Ini menyusul adanya pengumuman dari Pyongyang terkait uji coba bom hidrogen.

Seperti dilansir Reuters, Senin (4/9/2017), Abe menyebut secara terpisah dirinya juga telah sepakat untuk bekerja sama dengan Presiden Rusia Vladimir Putin. Dia mengatakan tindakan dari Korea Utara tidak bisa diabaikan oleh masyarakat internasional.

"Presiden Trump dan saya telah berbagi pandangan bahwa kita tidak dapat mengabaikan tindakan sembrono Korea Utara dan bahwa masyarakat internasional harus menunjukkan tekadnya dengan menerapkan tekanan yang lebih kuat dari pada yang telah digunakan sebelumnya," kata Abe.

Dia pun menegaskan Jepang dan AS akan bersama-sama dalam menyikapi tindakan ceroboh dari Korea Utara ini. Selain itu, Abe juga mengungkapkan dirinya dan Putin telah sepakat mendefinisikan tindakan ceroboh Korea Utara sebagai ancaman serius.

"Kami kembali menegaskan bahwa Jepang dan Amerika Serikat 100 persen bersama-sama," tegasnya.

Abe dan Putin akan menjalin komunikasi lebih dekat terkait isu ini. Keduanya pun dijadwalkan bertemu dalam minggu ini di sela-sela pertemuan di Vladivostok.

Seperti diketahui, Korea Utara baru saja melakukan uji coba bom hidrogen, Minggu (3/9). Uji coba yang getarannya seperti gempa itu diklaim sukses oleh Korea Utara.


(knv/elz)/detik.com

KOMENTAR DISQUS :

Top