Minggu, 20 Oktober 2019 |
Hukum

Polda Jambi Kembali Tetapkan Tersangka Kelompok SMB Bertambah Menjadi 59 Orang

Minggu, 21 Juli 2019 11:55:46 wib
Dirreskrimum Polda Jambi, Kombes Pol M Edi Faryadi/Foto: Untung/Jambidaily.com

JAMBIDAILY HUKUM - Setelah ditetapkan 41 Tersangka (Sabtu, 20/07/2019) dalam kasus penghadangan, penganiyaan dan pengerusakan serta pencurian terhadap tim Satgas Karhutla Jambi yang sedang bertugas di kawasan hutan Distrik VIII Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Jambi pada 13 Juli lalu.

Saat ini (Minggu, 21/07/2019) berdasarkan hasil penyelidikan lanjutan terhadap Penindakan hari kedua atas Konflik yang terjadi di PT.WKS Distrik VIII terdapat 18 TSK baru dengan didasari oleh 2 (dua) Laporan Polisi yang berasal dari Polda Jambi dan Polres Batanghari.

Berikut nama-nama Tersangka yang dikenakan pasal 170 KHUPidana, pasal 363 KHUPidana dan Undang - undang Darurat No. 2 Tahun 1951 berdasarkan Laporan Polisi dari Polda Jambi sebagai berikut:
1. Yohanes Paham Ginting 
2. Umar Dani
3. Wahid Muslimin
4. Rudi Sutiono
5. Juliansen Sipayung
6. Prawoto Als TO
7. Yanto Bin Sukino
8. Usman Elpi
9. Dedi
10. Untung (SAD) 
11. Yandang (SAD) 

Berikut nama-nama Tersangka yang dikenakan pasal 170 KHUPidana dan pasal 406 KHUPidana berdasarkan Laporan Polisi dari Polres Batanghari, sebagai berikut:
1. Dadang Sudrajat
2. Slamet Rusyanto
3. Renson Purba
4. Triyono
5. Gatot Santoso
6. Arif Syaifudin
7. Slamet Heryanto

"Semua sudah dilakukan Penahanan, dengan demikian sudah ada 59 tersangka dalam peristiwa tersebut," Ungkap Dirreskrimum Polda Jambi, Kombes Pol M Edi Faryadi.

Barang bukti yang diamankan oleh kepolisian dalam kasus ini dalah dua unit sepeda motor, tiga pucuk bambu runcing, sepuluh pucuk senpi rakitan, 49 (empat puluh sembilan) pucuk senjata tajam, empat buah peluru tajam, satu buah peluru tajam di dalam senpi, dua unit HT, satu unit laptop dan satu helai baju dalam TNI AD.

Dalam kejadian itu, ada dua anggota TNI, dua anggota polisi dan seorang anggota Satgas Karhutla yang terluka akibat dianiaya oleh kelompok SMB yang dipimpin oleh Muslim dan videonya sempat viral di media sosial saat ini. Tim gabungan TNI-Polri yang kemudian langsung turun dibawah pimpinan Dirreskrimum Polda Jambi, Kombes Pol M Edi Faryadi pada Kamis 18 Juli 2019 berhasil menangkapi dan mengamankan 45 orang anggota kelompok SMB termasuk pimpinannya Muslim dari dalam hutan kawasan tinggal atau basecamp mereka.

 

 

(Hendry Noesae)

 

 

Berita Terkait:

KOMENTAR DISQUS :

Top