Rabu, 20 Juni 2018 |
Pendidikan & Teknologi

Powerbank Bisa Sebabkan Kebakaran Mobil?

Senin, 04 September 2017 06:05:16 wib
Ilustrasi powerbank (Foto: Istimewa)
JAMBIDAILY TEKNOLOGI - Video terbakarnya Honda Brio di Tambun, Bekasi yang menjadi viral, sudah dikonfirmasi pemiliknya bukan karena powerbank. Namun kemudian banyak yang penasaran, apakah powerbank yang tersambung ke lighter di mobil bisa menyebabkan kebakaran? 
 
Pengamat gadget Lucky Sebastian menyebutkan powerbank yang tersambung ke lighter di mobil tidak akan berfungsi jika mobil dalam kondisi mati. 
 
"Rumornya karena ada powerbank yang sedang tersambung dengan colokan lighter, sehingga powerbank meleleh, itu hoax saja. Karena kalau kondisi mobil mati, begitupula colokan lighter tidak akan berfungsi," sebutnya. 
 
Namun dikatakannya, terlepas dari kondisi tersebut, pengguna gadget disarankan untuk tidak meletakkan powerbank di tempat yang terkena matahari atau panas berlebih, misalnya di atas dashboard mobil, atau di dalam mobil yang terjemur. 
 
"Bagaimanapun powerbank kebanyakan berisi baterai lithium-ion. Sama dengan smartphone, sangat rentan rusak karena panas berlebih," kata Lucky. 
 
Dia menjelaskan, di dalam baterai lithium-ion terdapat berlapis-lapis bahan katoda dan anoda yang berjarak sangat tipisl. Ketika terjadi panas berlebih, bahan ini akan memuai dan saling menempel sehingga menimbulkan korslet, seperti kita mempertemukan kutub positif dan negatif baterai. 
 
"Korslet ini bisa menyebabkan kebakaran. Kalau pun tidak sampai terbakar, powerbank yang sering terkena panas berlebih akan mudah rusak atau tidak awet. Karena panas yang berlebih akan menyebabkan reaksi kimia yang menghasilkan gas berlebih, yang sering kita lihat efeknya baterai menjadi kembung," terang Lucky. 
 
Pria asal Bandung ini juga menyarankan agar pengguna gadget teliti memilih powerbank yang bagus kualitasnya. Waspadai sejumlah powerbank yang harganya murah namun menawarkan kapasitas tinggi. 
 
"Salah satu part yang banyak dihilangkan pada powerbank murah, selain kapasitas yang tidak sesuai adalah sirkuit yang mengatur keamanan, seperti pencegah over-charge dan pengontrol panas. Jika lupa dan terus menerus di-charge, powerbank ini rentan rusak, atau malah mungkin saja terbakar karena panas berlebih akibat over-charge," sarannya.
 
 
(rns/rns)/inet.detik.com

KOMENTAR DISQUS :

Top