Senin, 18 Desember 2017 |
Pendidikan & Teknologi

Pramuka akan Salurkan Bantuan untuk Rohinhya melalui Bangladesh

Minggu, 24 September 2017 10:26:54 wib
Photo: Kwarnas Gerakan Pramuka

JAMBIDAILY JAKARTA, Pramuka - Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka melalui aksi Bumbung Kemanusiaan berhasil mengumpulkan bantuan untuk pengungsi Rohingya sebesar Rp238 juta, terhitung per tanggal 23 September 2017. Bantuan tersebut akan disalurkan melalui Bangladesh, negara terdekat yang menjadi tujuan utama pengungsi Rohingya.

Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka Adhyaksa Dault mengungkapkan, saat ini perwakilan Pramuka yaitu Andalan Nasional Gerakan Pramuka Urusan Pengabdian Masyarakat dan Siaga Bencana (Abdimasgana), Eko Sulistio, sudah berada di perbatasan Myanmar-Bangladesh.

“Kak Eko sekarang sudah di Bangladesh. Bantuan akan diserahkan ke Kak Eko untuk disalurkan dari Bangladesh,” ungkapnya saat konferensi pers Laporan Aksi Bumbung Kemanusiaan Gerakan Pramuka untuk Rohingya di Lantai FB, FX Sudirman, Jakarta, Sabtu (23/09). 

Adhyaksa menambahkan, disalurkannya bantuan melalui Bangladesh karena saat ini pengungsi Rohingya terpusat di kawasan yang berbatasan langsung dengan Myanmar, dengan total sekitar 900 ribu jiwa. Untuk mendistribusikan bantuan ini, pihaknya juga akan berkomunikasi dengan Pramuka Myanmar.

Adhyaksa juga mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang telah mempercayakan bantuan untuk Rohingnya kepada Kwarnas. Selain untuk Rohingnya, tandasnya, pihaknya juga sedang menggalang bantuan untuk korban bencana alam di dalam negeri, seperti korban erupsi Gunung Agung di Bali.

“Terima kasih kepada seluruh masyarakat atas kepercayaannya kepada Pramuka, bahwa Pramuka punya kepedulian di mana saja. Pramuka juga menggalang bantuan Bumbung Kemanusiaan di Bali (untuk bencana erupsi Gunung Agung). Sekarang di Rohingya, karena kita melihat bagaimana penderitaan di Rohingya itu. Kita mendapatkan video langsung dari lokasi,” tegasnya.

Aksi Bumbung Kemanusiaan yang digagas Kwarnas Gerakan Pramuka terus mendapat dukungan dari masyarakat. Kwarnas belum memutuskan kapan aksi ini akan ditutup. Terakhir, dalam acara Konferensi Pers tadi siang, Satuan Komunitas (Sako) Sekolah Islam Terpadu menyumbangkan dana sebesar Rp100 juta untuk Rohingya. Bantuan diserahkan oleh Ketua Umum Jaringan Sekolah Islam Terpadu (JSIT), Sukro Muhab. Selain penyerahan bantuan, Konferensi Pers juga diisi pembacaan puisi berjudul “Karena Rohingya adalah Kita” oleh aktris kawakan Neno Warisman.

Gerakan Pramuka melalui wadah Pramuka Peduli aktif terlibat dalam sejumlah misi kemanusiaan, seperti bencana banjir, gempa bumi, tsunami, kebakaran hutan, tanah longsor, bencana kelaparan dan kekeringan. Bahkan, Gerakan Pramuka juga aktif mendistribusikan bantuan ke negara-negara Afrika, seperti Somalia, Sudan, Sudan Selatan, Kenya, Ethiopia, Afrika Tengah, Uganda, Kongo, Angola, dan Nigeria.

Bantuan dari anggota Gerakan Pramuka maupun masyarakat unum dapat disalurkan melalui nomor rekening 909010100 BNI Cabang Menteng, Jakarta Pusat atas nama Pramuka Peduli. Konfirmasi pengiriman bantuan bisa menghubungi Kak Eko Sulistio (081210834695), Kak Ranggawisnu (089503197260), dan email: info@pramukapeduli.org.

 

Sumber: Kwarnas Gerakan Pramuka

KOMENTAR DISQUS :

Top