Rabu, 01 April 2020 |
Ekonomi

Program Desa Sawit Mandiri - Asian Agri, Tingkatkan Ekonomi Desa

Selasa, 26 November 2019 17:36:02 wib
JAMBIDAILY PENYABUNGAN - Secara perdana, bibit sawit Topaz produksi Asian Agri, ditanam di lahan perkebunan milik masyarakat Desa Penyabungan Kecamatan Merlung Kabupaten Tanjung Jabung Barat.

Desa Penyabungan kini menjadi mitra Asian Agri dalam project Sawit Mandiri. Secara seremoni penanaman bibit sawit Topaz telah dilakukan pada 29 Oktober 2019, di Tanah Kas Desa (TKD) Desa Penyabungan.

Menurut Head CSR, Welly Pardede, program Desa Sawit Mandiri merupakan terobosan baru dari perusahaan untuk wilayah Jambi sekaligus menjadi percontohan untuk diaplikasikan ke desa lain yang berada di sekitar Asian Agri. "Dengan hadirnya program Sawit Mandiri diharapkan dapat mendongkrak produksi kelapa sawit pada TM1 bisa mencapai 20 ton/ha/tahun. Dan di tahun-tahun berikutnya bisa semakin naik lagi," katanya.

Sementara, GM PT Dasa Anugerah Sejati, Jambi, Alison Marbun menyebutkan, Desa Penyabungan memiliki keistimewaan yang luar biasa. Tanah yang subur di Desa Penyabungan akan mendorong berkembangnya bibit Topaz yang lebih baik.

"Kesuburan tanah Desa Penyabungan berbeda dengan tanah di Kebun DAS dan Kebun Tungkal Ulu. Jadi, kita mengharapkan dengan penanaman perdana desa sawit mandiri ini bisa berkembang, sebagai contoh bagi masyarakat desa. Penanaman sawit Topaz ini, jika dirawat dengan benar, maka pada saat panen perdana kita bisa dapat 20 ton per ha per tahun. Semoga bantuan melalui penanaman sawit desa mandiri ini Desa Penyabungan semakin sejahtera, mandiri dan semakin berkembang," katanya.

Muhammad Luth selaku SM PT IIS KTU menyebutkan, proyek ini adalah bentuk kerjasama yang baik antara Desa Penyabungan yang berada di lingkungan dua perusahaan, yaitu PT DAS dan PT IIS. Jadi, penanaman ini bisa terlaksana dengan baik tentunya harus berhasil. Walau pun alat-alatnya dari Kebun Tungkal Ulu akan tetapi sama ini juga bagian dari PT DAS, jadi kita harapkan proyek sawit desa sawit mandiri ini bisa berkembang sesuai dengan yang kita harapkan," ucapnya.

Kades Penyabungan Muhammad Sadat mengucapkan syukur atas terealisasinya proyek Sawit Mandiri, berkat kunjungan Head CSR Asian Agri Bapak Welly Pardede ke Desa Penyabungan pada saat melaksanakan pengobatan gratis. "Kami berterimakasih yang sebesar-besarnya kepada management Asian Agri sehingga bantuan desa sawit mandiri ini dapat terlaksana pada saat ini, dengan harapan semoga sawit ini dapat berkembang di desa kami," cetusnya.

Sulaiman yang menjabat Sekretaris Kecamatan Merlung memberi apresiasi pada Asian Agri yang membantu terlaksananya proyek Desa Sawit Mandiri.

"Ini adalah satu-satunya desa yang menerima bantuan proyek desa sawit mandri. Yang seperti ini belum pernah ada diberikan perusahaan lain di Kabupaten Tanjung Jabung Barat ini. Jadi harus kita syukuri. Harus kita jaga dan dirawat benar-benar. Harapan kami kepada Kades agar mengembangkan sawit ini lagi. Sehingga semua masyarakat Desa Penyabungan dapat merasakan manfaat desa sawit mandiri ini," jelasnya. ***

KOMENTAR DISQUS :

Top