Selasa, 21 Agustus 2018 |
Nasional

Rakernas SMSI Ke-3 Luncurkan News Room Media Siber

Kamis, 26 Juli 2018 00:48:45 wib
Chairul Tanjung saat memberikan arahan/Foto: jambidaily.com/Hendry Noesae

JAMBIDAILY JAKARTA - Rapat Kerja Nasional (Rakernas) ke-3 tahun 2018 Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) berlangsung di Hotel Sari Pan Pasific Jakarta (Rabu, 25/07/208) resmi dibuka dan luncurkan 'News Room Media Siber' 

Menteri Komunikasi dan Informatika RI; Rudiantara, dalam sambutannya dinamika yang terjadi di dunia maya sangat cepat, sehingga dibutuhkan informasi yang sampai ke masyarakat bener-benar akurat.

“Dari informasi yang di sampaikan Dewan Pers sebanyak 43.000 media online yang menggunakan basis internet menyebarluaskan informasi ke masyarakat, jika ini tidak terkontrol akan berbahaya apalagi memasuki tahun politik seperti sekarang ini,” Ungkap Rudiantara saat membuka acara.

“Semoga perusahaan media online yang termasuk dalam keanggotaan SMSI menjadi pioner dalam pemberantasan berita hoax dan menjadikan Undang-undang Pers Nomor 40 tahun 1999 sebagai pedoman dalam penulisan berita," Harapnya.

lalu Ilham Bintang selaku Ketua Dewan Pembina SMSI menekankan, kode etik itu harus dijunjung Itulah yang membedakan wartawan dan yang lainnya.

"Jadi kode etik itu konsep operasional moral wartawan, Kebebasan pers tidak ada artinya jika kode etik tidak dijunjung tinggi. Jangan hanyut oleh media online," Tegasnya.

Sementara itu Chairul Tanjung mengajak agar membangun perusahaan digital yang berdaya saing tinggi.

"Harus mampu berada diatas dan menjadi pertama, ya paling minimal ada diurutan kedua, jika tidak lebih baik tidak usah. Kemajuan digital dan siber dimasa sekarang jadilah berbeda dan mampu menjawab kebutuhan konsumen. Ingat bukan kita yang mengatur konsumen, kalau dulu mungkin iya, tapi dimasa sekarang konsumen yang mengatur kita," Ujar Chairul Tanjung.

Rakernas yang dihadiri oleh 31 Provinsi Se-Indonesia rencananya akan berlangsung 25 s.d 27 Juli 2018.

 

(Hendry Noesae)

KOMENTAR DISQUS :

Top