Minggu, 08 Desember 2019 |
Hukum

Rakornas Kamkamla 2019 Resmi Ditutup

Sabtu, 30 November 2019 11:12:19 wib
JAMBIDAILY JAKARTA - Kepala Bakamla RI/Indonesian Coast Guard (IDNCG) Laksdya Bakamla A. Taufiq R. yang diwakili oleh Direktur Operasi Laut Laksma Bakamla Nursyawal Embun resmi menutup Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Keamanan dan Keselamatan Laut Bakamla (Kamkamla) RI 2019 yang digelar di Aula Mabes Bakamla RI, Jl. Proklamasi No. 56, Jakarta Pusat, Jumat (29/11/19).

Dalam kata sambutannya, Kepala Bakamla RI menyatakan bahwa Rakornas ini sangatlah penting artinya untuk mensinergikan kegiatan operasi keamanan laut Bakamla RI dan instansi yang berwenang di laut. Sehingga kegiatan operasi kedepannya dapat optimal, baik yang dilaksanakan secara terpadu dengan Bakamla maupun operasi sendiri masing-masing instansi.

Perkembangan permasalahan di perairan Indonesia, katanya, terus bergerak dinamis dengan beragamnya modus operandi yang juga berkembang. Demikian pula isu-isu keamanan laut di perairan Indonesia maupun di wilayah yurisdiksi Indonesia, terutama dibatas maritim Indonesia dan negara tetangga.

Kepala Bakamla RI berharap ada keselarasan pelaksanaan operasi, seperti ketepatan dalam pemilihan waktu dan daerah operasi serta interoperabilitas sarana dan prasarana secara bersinergi antara instansi keamanan laut.

"Rakornas menyepakati adanya pertukaran informasi dan sinergi dalam pelaksanaan operasi antar instansi maritim penegakan hukum di laut, kemudian permasalahan yang muncul atau ditemui dalam pelaksanaan tugas operasi keamanan laut di lapangan dapat didiskusikan bersama, untuk mendapat perhatian bersama dan mendapat solusi pemecahan yang tepat dan sesuai dengan norma hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku," ujar Kepala Bakamla RI.

Acara Rakornas Kamkamla Bakamla RI 2019 yang digelar sejak 28 November 2019 itu dihadiri oleh puluhan peserta dari unsur Kapal Bakamla RI dan undangan dari instansi maritim Indonesia.

KOMENTAR DISQUS :

Top