Sabtu, 20 Oktober 2018 |
Peristiwa

Ratusan Massa Tuntut Bupati Tebo Kembalikan Hak Warga

Senin, 09 Mei 2016 19:00:26 wib
Petugas lakukan penjagaan pengamanan

JAMBIDAILY PERISTIWA-Belasan mobil truck yang membawa ratusan massa dari Desa Teluk Rendah mendatangi komplek perkantoran Pemkab Tebo melakukan unjuk rasa menuntut pengembalian hak warga.

Unjuk rasa diawali dikantor Disbun, lalu massa bergeser melakukan lakukan longmarch ke kantor Bupati Tebo.

Korlap Aksi, Fiet, Senin 09 Mei 2016 dalam orasinya menuding Bupati Tebo telah "menjual lahan dan merampas hak warga" Desa Teluk Rendah melalui Koperasi Rindang Sakti yang dikelola oleh PT.Citra Manunggal Mandiri (PT.CMM).

Massa sempat merangsek menembus barikade pagar perkantoran bupati, disisi lain pasukan shabara Polres Tebo pun bersiap antisipasi kalau terjadi demo anarkis.  Untungnya massa bisa mengendalikan emosinya, selang beberapa waktu Plt.sekda Harmain, Asisten II Abu bakar dan III M.Hatta menemui pendemo, karena Bupati Sukandar tidak berada di tempat.

Sekitar 10 orang perwakilan warga pendemo bersama Plt Sekda dan asisten berupaya melakukan mediasi diaula sekda.

Dalam mediasi tersebut sempat beberapa kali terjadi kericuhan adu mulut antara warga dan pihak disbun, yang berawal dari pemaparan oleh Errafiq Kabid Bina Usaha mendampingi Kepala Dinas Perkebunan Tebo Supadi yang berbelit-belit sehingga menyulut amarah dan emosi warga.

Dalam mediasi tersebut, Fiet dan Amin Lok,  menyebutkan Pemkab Tebo keliru dalam penerbitan izin prinsip lahan yang di kelola oleh PT.CMM, pasalnya tanda tangan dan stempel dalam SK Bupati Tebo mengenai izin prinsip ada kejanggalan dan di duga SK tersebut bodong.

Amin lok mengatakan, Bupati Sukandar sebelumnya pernah bilang orang Batanghari bisa garap lahan di Tebo sementara areal kerja masuk kedalam Kabupaten Tebo, makanya Bupati saat itu mendisposisikan kepada Disbun untuk dipelajari,"sebutnya.

Hingga berita ini ditulis, ratusan massa masih menduduki komplek perkantoran Bupati Tebo, sebelum ada keputusan dan kejelasan, massa akan berunjukrasa selama tiga hari. (jambidaily.com/ARD)

KOMENTAR DISQUS :

Top