Selasa, 16 Oktober 2018 |
Wisata & Budaya

RCC Bergemuruh dipenuhi Tepuk Tangan Penonton untuk Telusur Jejak Leluhur

Senin, 08 Januari 2018 02:26:02 wib
Foto: jambidaily.com/Hendry Noesae

JAMBIDAILY SENI, Budaya - Gedung Ratu Convention Center (RCC) di Jalan Slamet Riyadi Kota Jambi (Minggu, 07/01/18) malam, bergemuruh dipenuhi tepuk tangan penonton usai menyaksikan Pertunjukan bertajuk Tanah berpijak budaya berjejak "Telusur Jejak Leluhur" berupa kolaborasi musik, tari, lagu dan puisi.

Kolaborasi yang didukung oleh 80 orang pelaku seni dari Sendratasik Universitas Jambi, sanggar mindulahin, sanggar chanpi heritage, sanggar pinang selayang, teater tonggak, teater AiR, choirs amuni GBN dan tim kesenian gubernuran Jambi tersebut mampu tampil memukau penuh artistik serta pesan moral yang terkandung.

Perpaduan seni tradisi dan kontemporer, baik dari tarian, musik sangat kental dalam suguhan berkisar 45 menit tersebut, diantaranya Tembang Anak Sialang yaitu tarian, musik, pembacaan puisi menyatu untuk menggugah siapa saja agar tidak membakar hutan serta menjaga lingkungan.

Tarian tradisi seperti Tari Lilin, Zapin, ada juga Lukah gilo dan lainnya, musik memadukan irama dari Kerinci hingga Tanjung Jabung. Lalu hampir 1000 penonton di gedung RCC juga menyaksikan tayangan layar besar (LED Screen) bermaterikan wisata dan budaya kekayaan provinsi Jambi.

Kejutan terjadi saat munculnya Hj.Sherrin Tharia Zola dipanggung memainkan alat musik Biola, bahkan suasana terasa semakin hangat hadirnya Gubernur Jambi, H Zumi Zola Zulkifli,S.TP,MA membacakan puisi berjudul "Raja di Rakyat" yang dibuatnya pada 11 November 2017.

Telusur Jejak Leluhur adalah jalan menapaki jejak budaya masa silam, dimana para leluhur kita telah menandai setiap jengkal tanahnya dengan cipta, karya dan karsa. Mulai dari sialang belantak besi hingga bukit tambun tulang, mulai dari durian di takuk rao hingga ombak berdebur.

"menapaki jejak kebudayaan adi luhung yang tersebar di wilayah provinsi Jambi adalah bukti bahwa peradaban melayu Jambi masih kokoh hingga hari ini dan kini, kami persembahkan kembali telusur jejak leluhur sebagai kolaborasi musik, tari, lagu dan puisi dalam bingkai tanah berpijak budaya berjejak," Ungkap Didin Sirojudin,S.Sn selaku sutradara.

Gubernur Jambi, H Zumi Zola Zulkifli, S.Tp, MA dalam kata sambutannya memberikan apresiasi tinggi atas pergelaran Telusur Jejak Leluhur

"Saya menyambut baik dilaksanakannya kegiatan ini, yang merupakan implementasi dan pertanggungjawaban Undang-undang Nomor 5 tahun 2017 tentang pemajuan kebudayaan, khususnya perlindungan, pengembangan, pemanfaatan dan pembinaan. Di atas itu, kegiatan ini merupakan bentuk penghargaan terhadap karya seni dan menjadi ajang promosi seni budaya serta amanah visi Jambi TUNTAS, khususnya di misi Ke-2 yakni meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang sehat, terdidik, berbudaya, agamis dan berkesetaraan gender" Ungkap Zola.

Menurut Zola, kegiatan ini adalah salah satu upaya pengembangan ekonomi kreatif yang dilaksanakan setiap tahun bertepatan dengan hari ulang tahun provinsi Jambi. Dalam mempromosikan potensi seni budaya daerah dan pariwisata provinsi Jambi. Tentunya harus dimanfaaatkan oleh para pelaku seni di Jambi dengan meningkatkan kualitas karya seninya.

"dengan kualitas dan kereativitas seni budaya dan alam yang unggul, kita harapkan kegiatan ini brsama dengan berbagai event pariwisata lainnya di provinsi Jambi, seperti festival danau kerinci, geopark merangin, mandi syafar sehingga dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan." Terang Zola.

Malam Apresiasi Melayu Jambi ini juga dihadiri Wakil Gubernur Jambi Fachrori Umar, Ketua DPRD Provinsi Jambi Cornelis Buston, Sekretaris Daerah Provinsi Jambi M. Dianto, Walikota Jambi Syarif Fasha, Danrem 042/Gapu, Pangdam II Sriwijaya, Kapolda Jambi, Para Bupati/Wakil Bupati se – Provinsi Jambi, Para Tokoh Adat, Pejabat OPD dan Para tamu undangan lainnya.


(Hendry Noesae)

 


Berita Terkait:

KOMENTAR DISQUS :

Top