Kamis, 17 Oktober 2019 |
Ekonomi

Realisasi PBB Kota Jambi Capai 49,91 Persen

Minggu, 02 Oktober 2016 22:12:30 wib
Mobil Pelayanan PBB Keliling Kota Jambi (google.co.id)

JAMBIDAILY EKONOMI-Realisasi pencapaian Pendapatan Asli Daerah melalui Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) Kota Jambi mencapai 49,91 persen.

Pencapaian ini setelah dihitung hingga batas akhir pembayaran pajak, bumi dan bangunan (PBB) Kota Jambi pada 30 September 2016 lalu.

Menurut Agung Hidayat, Kabid PBB Dispenda kota Jambi bahwa terhitung sejak berakhirnya batas  pembayaran pbb pada 30 September,maka persentase pencapaian keseluruhan mencapai 41,91 persen. Baik pbb yang dibayar oleh masyarakat melalui mobil keliling, PT POS, Bank Jambi maupun beberapa Bank yang sudah bekerja sama dengan pemkot Jambi dalam pembayaran pbb.

"Ini sudah kita hitung secara keseluruhan,"ujarnya, kemarin, kepada jambidaily.com.

Apakah realisasi tersebut sudah memuaskan dan sesuai target? Agung hanya menyatakan bahwa untuk target sebenarnya yang diinginkan adalah sebesar 100 persen.

"Kalau untuk target pastinya kita inginnya 100 persen," bebernya.

Sebelumnya, Kepala dispenda Kota Jambi, Subhi Ssos MM, menjelaskan, pihaknya sudah berusaha keras untuk menggenjot PAD dari PBB, mulai dari menyediakan mobil keliling, standby dari pagi hingga malam di beberapa tempat yang berbeda setiap hari.

"Hanya dalam waktu satu bulan sejak diluncurkannya mobil keliling, dana yang terkumpul lebih kurang Rp 112 juta, rata-rata 300 ribu hingga Rp18 juta per hari,"jelas mantan Kepala BKD Kota Jambi ini.

Selain itu, Dispenda juga telah meluncurkan 2 website yang bisa diakses oleh  melihat jumlah tagihan PBB.

"Satu website bisa diakses semua masyatakat. Mereka bisa mengecek jumlah tagihan mereka disini. Satu website lagi hanya bisa diakses oleh lurah dan camat, untuk memantau siapa saja warga mereka yang belum bayar PBB," ujarnya.

Nah, bagi masyarakat yang belum membayar PBB hingga 30 September 2016, bersiap siap untuk membayar denda.

"Denda nya sebesar 2 persen dari besar tagihan,"pungkasnya.(*)

Penulis   : M Chandra H
Editor    : Hery FR

KOMENTAR DISQUS :

Top