Minggu, 18 Agustus 2019 |
Politik

Rekrut PPL, Panwaslu Kecamatan Harus Selektif dan Profesional

Jumat, 16 Maret 2018 12:32:08 wib
ilustrasi

JAMBIDAILY MUARASABAK - Panwaslu Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim), akan melakukan rekruitmen Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) tingkat Desa dan Kelurahan. Proses rekruitmen yang difasilitasi Panwaslu Kecamatan ini, dilakukan serentak di 11 Kecamatan pada tanggal 14 Maret 2018.

Beberapa persyaratan untuk menjadi Panwaslu tingkat Desa dan Kelurahan ini, yakni tidak menjabat sebagai anggota Parpol, Pemerintahan dan BUMN maupun BUMD. Selain itu, calon juga tidak diperkenankan melakukan tindakan pidana yang terjerat hukuman lebih dari lima tahun.

Ketua Panwaslu Tanjabtim, Samsedi,S.Sos,melalui Devisi Organisasi dan SDM, Hastuti,S.Ag, bahwa secara teknis rekruitmen Panwaslu tingkat Desa dan Kelurahan tersebut akan dilakukan langsung oleh Panwaslu Kecamatan yang ada. "Dari pendaftaran hingga pelantikan secara teknis dilakukan oleh Panwalu Kecamatan di 11 Kecamatan yang ada," katanya.

Hal ini merupakan tindaklanjut dari Surat Edaran (SE) Bawaslu RI nomor 0131/K.BAWASLU/HK.01.01/III/2018, untuk segera membentuk Panwaslu tingkat Desa dan Kelurahan guna melakukan pengawasan dalam pelaksanaan Pemilu 17 April 2019 mendatang. "Diharapkan untuk Panwaslu Kecamatan yang ada, dapat melakukan rekruitmen sesuai peraturan dan perundang-unangan yang berlaku," harapnya.

Beberapa indikator penilaian dalam seleksi ini juga menjadi pertimbangan, yakni penguasaan materi dan strategi pengawasan pemilu. "Kemampuan berorganisasi hingga klasifikasi tanggapan masyarakat juga jadi penilaian," ujar Hastuti.

Bagi masyarakat yang berkeinginan menjadi penyelenggara pemilu, bisa mendaftarkan diri di sekretariat Panwaslu Kecamatan masing-masing. "Serentak dilakukan di untuk 73 Desa dan 20 Kelurahan yang ada di 11 Kecamatan dalam Kabupaten Tanjabtim," tandasnya.(*)

Penulis : Hendri R

KOMENTAR DISQUS :

Top