Sabtu, 20 April 2019 |
Peristiwa

Rentetan Peluru Terdengar “Demonstran Bentrok” Bersama Polisi dan TNI di Kota Jambi

Jumat, 01 Februari 2019 13:47:50 wib
Aksi Demonstran/Foto: jambidaily.com/Hendry Noesae

JAMBIDAILY PERISTIWA - Demonstran bergerombol memadati tempat pengamanan kotak suara Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 di Kawasan Telanaipura kota Jambi (Kamis, 01/02/2019)yang mengarah kepada tindakan anarkis bahkan terjadi kerusuhan massa serta telah mengganggu keamanan dan ketertiban masyarakat.

Dalam unjuk rasa awalnya berjalan biasa, demonstran masih berjumlah puluhan menyampaikan tuntutannya dengan cara damai berorasi dan membawa kertas karton. Namun lama kelamaan berlangsung panas dan menyebabkan terjadi aksi saling dorong antara demonstran dan aparat keamanan dari Satuan Brimob Polda Jambi. Demonstran semakin menunjukkan tindakan anarkisnya sehingga pasukan huru hara bersama Mobil Water Cannon disiagakan untuk menghalau.

Banyaknya aparat keamanan ditambah bantuan Mobil Water Cannon hanya berefek sesaat saja, tidak menyurutkan aksi para demonstran bahkan sudah mulai berbuat di luar batas, kepulan asap hitam mulai terlihat dimana-mana dari ban mobil yang dibakar dan juga terlihat oknum demonstran menjarah toko-toko milik masyarakat disekitaran lokasi.

Tidak hanya itu para demonstran juga terlihat semakin banyak dan ratusan warga turut bergabung bersama para demonstran menyerang aparat. Akhirnya pasukan TNI Korem 042/Gapu bersama Satbrimob Polda Jambi beraksi turut memberikan bantuan kekuatan bersenjata lengkap yaitu Gas Air Mata dan Senjata Laras Panjang untuk membubarkan kerumunan massa.

Aparat menembakkan gas air mata ke udara agar mengendorkan aksi tetapi lagi-lagi massa terus bergerak maju, semakin panas, semakin anarkis dan melakukan perlawanan dengan cara melemparkan berbagai benda ke aparat keamanan. Aparat tidak ada pilihan kecuali bertindak tegas, rentetan suara senjata api terdengar ditembakkan ke udara, tetap tidak membuat demonstran merasa gentar.

Semakin banyak serta semakin bergerak maju demonstran, Aparat keamanan terdesak, beberapa personil mengalami luka karena lemparan batu, benda-benda keras, serta juga terkena tebasan senjata tajam. Hal itu akhirnya memaksa petugas melakukan tindakan keras. Tembakan peluru karet diarahkan langsung kepada demonstran. Akhirnya konsentrasi massa berhasil dilumpuhkan dan dibubarkan, Beberapa demonstran mengalami cidera dan demosntran yang dianggap bertanggung jawab berhasil diamankan petugas.

Hal diatas merupakan Simulasi atau latihan bersama Korem 042/Gapu dan Polda Jambi untuk pengamanan pemilu legislatif dan Presiden tahun 2019, di Lapangan Makorem 042/Gapu (Kamis, 01/02/2019). Tanpak hadir Gubernur Jambi yang diwakili oleh Asraf yaitu Staf Ahli bidangf pemerintahan hukum dan politik, jajaran Polda Jambi, Kaporesta Jambi, KPU Provinsi Jambi, Sekda Kota Jambi, Unsur forkompinda, unsur Muspida dan tamu undangan lainnya.

Seusai simulasi saat menyampaikan kata sambutannya didepan para anggota, Danrem 042/Gapu Kolenel Arh Elphis Rudi, bahwa tujuan untuk memberikan dan menciptakan suasana kondusif sehingga pelaksanaan pemilu dapat berjalan sukses. Tanpa pelatihan nanti dilapangan tidak akan sinkronisasi.

“Pertama-tama latihan ini sebagai petunjuk dan perintah dari pimpinan TNI pimpinan Kodam untuk memelihara atau memberikan kesiapsiagaan. Yang terburuk sebenarnya itu tadi, mudah-mudahan itu tidak terjadi dan saya yakin itu tidak akan terjadi, yang kita lakukan sebenarnya juga secara bertahap sudah melakukan tugas-tugas. Ini tujuan untuk memberikan dan menciptakan suasana kondusif sehingga pelaksanaan pemilu dapat berjalan sukses. Tanpa pelatihan nanti dilapangan tidak akan sinkronisasi, kalau bisa setiap saat disimulasikan agar jangan terjadi tidak sinkron,” Terang Kolenel Arh Elphis Rudi.

“TNI Polri sinergitas tujuannya jelas untuk memberikan pesan kepada masyarakat kita siap mendukung pelaksanaan pemilu yang lancer, aman dan tentunya sukses demi kemajuan bangsa dan Negara kita. Kita sudah sangat siap menghadapi kondisi terburuk sekalipun, walaupun itu sama sekali tidak kita harapkan. Kami yakin dengan persiapan ini pelaksanaan bisa berjalan baik,” Tegasnya menambahkan.

Dalam sesi wawancara, Kolenel Arh Elphis Rudi, menyatakan kesiapan TNI dan Polri menjaga proses pemilu yang akan berlangsung pada April 2019 mendatang dan dia meyakini Jambi secara umum sangat kondusif dan tidak ada daerah yang sangat rawan konflik terakit Pemilu.

“Intinya melatih kesiapsiagaan, melatih prosedur mekanisme, bagaimana kita mendukung pemilu ini sukses aman dan lancar, Di Jambi ini kondusif, sangat kondusif kami berbincang-bincang bersama dari Polda, KPU, Pemda. Distribusi alat-alat sudah dilaksanakan. Secara umum tidak ada daerah yang sangat rawan, kita semua sudah siap di semua tempat, kita sudah sesuaikan dengan pengaturan yang telah disiapkan,” Ujar Kolenel Arh Elphis Rudi.

Sementara itu Kepala Kepolisian Republik Indonesia Resort Kota (Kapolresta) Jambi, AKBP Dover Christian menambahkan ingin menunjukkan kepada masyarakat bahwa TNI Polri siap dan sudah siap juga menghadapi orang-orang yang ingin mengganggu pemilu.

“Kami selalu memberikan semangat kepada setiap anggota baik itu TNI dan juga Polri karena itu memang tugas kita, kita ingin menunjukkan kepada masyarakat bahwa TNI Polri siap dan sudah siap juga menghadapi orang-orang yang ingin mengganggu pemilu. Tidak ada tebang pilih, setiap penganggu pelaksanakan kamtibnas ya kita hadapi,” Imbuh AKBP Dover Christian

 

(Hendry Noesae)

KOMENTAR DISQUS :

Top